Waspada
Waspada » Kapolda Sumut Bersama Bupati Dan Kapolres se kawasan Danau Toba Resmikan DITPAMOBVIT KSPN Pertama Di Indonesia
Headlines Sumut

Kapolda Sumut Bersama Bupati Dan Kapolres se kawasan Danau Toba Resmikan DITPAMOBVIT KSPN Pertama Di Indonesia

GEDUNG Ditpamobvit KSPN Danau Toba yang diresmikan Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi. Waspada/Ramsiana Gultom
GEDUNG Ditpamobvit KSPN Danau Toba yang diresmikan Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak dan dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi. Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada): Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak SMSi didampingi Kadis Pariwisata Provinsi dan Bupati serta Kapolres se kawasan Danau Toba meresmikan Kantor Pos Direktorat Pengamanan Objek Vital Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (Ditpamobvit KSPN) pertama di Indonesia yang berlokasi di Desa Pardomuan Ajibata, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba, Senin (12/4).

Turut hadir dalam peresmian ini Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kasdam I/BB Brigjen TNI Didied Pramudito, Danrem 023/KS Kolonel Inf Buyung Sikumbang, Dandim 0210/TU Kolonel Inf Czi Agus Widodo, Direktur Ditpamobvit Kombes Pol Ferdinan Pasaribu, Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo, SIK, Kapolres Toba, AKBP Akala Fikta Jaya, Kapolres Tapus, M Saleh, SIK, Kapolres Humbahas, Ronny Nicolas Sidabutar, SIK, Kapolres Dairi, AKBP Ferio Sano Ginting, SIK, MH, dan Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo SH SIK.

Turut hadir para Pejabat Pemprovsu, Kadis Pariwisata, dr Ria N Telaunbanua, Bupati sekawasan Danau Toba, BODT, Para Pimpinan BUMN dan BUMD, perusahaan swasta yang beroperasi di Danau Toba, dan Humas BPODT, Jonang MP Sitorus.

Dalam sambutannya, Dir Ditpamobvit Kombes Pol Ferdinan Pasaribu mengatakan bahwa Pos Ditpamobvit KSPN akan memiliki 12 personel.

“Pos ini juga akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana baik di darat maupun di air yang berkerjasama dengan Pol Air. Diharapkan mampu maksimal menjalankan tugas untuk memberi rasa aman, nyaman bagi para pengunjung wisata di kawasan Danau Toba,” tuturnya.

Bupati Toba, Poltak Sitorus mengapresiasi marga Sirait di Pardomuan Ajibata yang telah menghibahkan tanahnya sebagai pusat perkantoran dan pemerintahan Kecamatan Ajibata.

Tak terkecuali kepada keluarga besar DL Sitorus yang telah menghibahkan bangunan kantor Camat Ajibata dan Pos Polisi pariwisata yang sedang diresmikan saat ini.

“Hari ini Pos Pariwisata kawasan Danau Toba diresmikan dan akan aktif untuk mengkawal seluruh aktifitas wisata di kawasan Danau Toba.

Terimakaish ata ssemua dukun papar Poltak Sitorus.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, Pos Ditpamobvit akan aktif sejak hari ini.

“Sesuai instruksi Kapolri, seluruh personel Polri akan mewujudkan pelayanan yang presisi dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Secara khusus dalam mendukung Danau Toba sebagai wisata super prioritas,” ujarnya.

Kapolda juga menegaskan kepada seluruh personel yang akan bertugas di Pos tersebut harus mampu membangun kerja sama dengan seluruh stakeholder yang ada di Kawasan Danau Toba sehingga sinergisitas dapat terjadi.

“Ada 59 spot wisata yang tersebar di kawasan Danau Toba, ke depan semoga kondisi pariwisata kita semakin baik dan meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdampak pada peningkatan pendapat warga dan turut membantu pemilihan ekonomi nasional,” pungkasnya.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi mengaku bahwa warga Sumut khususnya warga kawasan Danau Toba patut mensyukuri keberadaan Danau Toba apalagi setelah ditetapkan sebagai KSPN super prioritas oleh Presiden RI.

“Danau Toba merupakan surga milik Dunia, bukan hanya milik orang Sumatera Utara dan orang Toba. Untuk itu dibangunlah satu pangkalan Polisi Pariwisata Danau Toba untuk memberikan rasa aman bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tadi kita telah rapat dengan Bupati se kawasan Danau Toba untuk membahas keramba. Kita berharap Danau Toba menjadi taman dunia yang bisa mensejahterakan masyarakat sekitarnya,” tegas Edy Rahmayadi.

Peresmian ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Kapolda Sumut didampingi Bupati sekawasan Danau Toba.

Seluruh rangkaian peresmian Ditpamobvit berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2