Waspada
Waspada » Kapal Mewah Terdampar Di Krueng Mane
Aceh Headlines

Kapal Mewah Terdampar Di Krueng Mane

SATU unit kapal jenis Yacht (kapal layar) tak bertuan terdampar di perairan Krueng Mane Kec. Muara Batu Kab. Aceh Utara, Selasa (14/1), kini diamankan pihak KSOP Kota Lhokseumawe. Waspada/Zainuddin Abdullah
SATU unit kapal jenis Yacht (kapal layar) tak bertuan terdampar di perairan Krueng Mane Kec. Muara Batu Kab. Aceh Utara, Selasa (14/1), kini diamankan pihak KSOP Kota Lhokseumawe. Waspada/Zainuddin Abdullah

LHOKSEUMAWE (Waspada): Satu unit kapal mewah terdampar di perairan Krueng Mane, Kec. Muara Batu, Kab. Aceh Utara dan kini diamankan pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Lhokseumawe.

Menurut data yang berhasil dihimpun Waspada di lapangan, menerangkan pada Minggu (12/1), dua orang nelayan secara tidak sengaja menemukan satu unit kapal tak berawak jenis Yacht (Kapal Layar) terombang-ambing di perairan Krueng Mane Kec. Muara Batu Kab. Aceh Utara.

Kapal tanpa ABK itu diduga milik warga negara asing yang hanyut dan terkatung-katung sekitar 20 mil dari perairan Muara Batu. Panglima Laot Muara Batu, Rusdi mengatakan kapal mewah terdampar itu ditemukan dua nelayan Safrizal dan Anwar asal Kecamatan Muara Batu ketika sedang mencari ikan.

“Saat sedang melaut dua nelayan kita menemukan kapal itu dengan kondisinya kosong tanpa ada awak atau nakhoda,” katanya. Lokasi kapal ditemukan tidak jauh dari daratan Kec. Muara Batu. Pasca ditemukan, kapal langsung digiring untuk bersandar di Kuala Krueng Mane, Aceh Utara setempat.

“Kita sudah laporkan dan periksa seluruh dek kamar kapal. Di mana kondisinya kosong pada dinding kapal juga terukir seperti bahasa Thailand,” paparnya. Sementara itu, Danlanal TNI Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal kepada Waspada membenarkan satu unit kapal asing tak berawak terdampar jauh ke perairan Aceh.

Dikatakan, pihaknya sendiri sudah melakukan pemeriksaan dan menemukan dokumen kepemilikan kapal itu ternyata milik warga Negara Inggris. Namun dari fisiknya yang terdapat tulisan dalam bentuk aksara Thai, maka kemungkinannya beroperasi di Thailand.

Menurutnya, kapal tersebut terdampar ke perairan Aceh, kemungkinan saja lepas dari sandarannya hingga terseret ombak dan arus. Lalu terombang-ambing sepanjang 100 mil hingga memasuki perairan Krueng Mane Kec. Muara Batu. “Kapal yang tak berawak ini kemungkinan diseret ombak dan arus laut ketika sedang bersandar atau tidak beraktivitas. Makanya kapal terdampar tanpa ada orangnya,” terangnya.

Untuk sementara ini, seiring menunggu pihak asing yang merasa kehilangan, kapal tersebut kini telah diserahkan kepada pihak Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Lhokseumawe untuk diamankan. Ditambahkannya, sampai hari ini Kapal KRI Lanal TNI juga tidak pernah berhenti melakukan patroli dan menjaga keamanan Laut Indonesia, agar tidak dijamah oleh pencuri ikan dari luar negeri. (b16)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2