Waspada
Waspada » Kapal Berbendera Malaysia Ditangkap, 5 WNI Diamankan
Headlines

Kapal Berbendera Malaysia Ditangkap, 5 WNI Diamankan

LIMA WNI yang bekerja sebagai awak kapal berbendera Malaysia diamankan oleh petugas PSDKP Belawan karena mencuri ikan di perairan Selat Malaka, Rabu (26/2). Waspada/Ist
LIMA WNI yang bekerja sebagai awak kapal berbendera Malaysia diamankan oleh petugas PSDKP Belawan karena mencuri ikan di perairan Selat Malaka, Rabu (26/2). Waspada/Ist

BELAWAN (Waspada): 5 warga Negara Indonesia yang bekerja sebagai awak kapal berbendera Malaysia ditangkap oleh petugas Stasiun Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Belawan saat sedang mencuri ikan di zona ekonomi eksklusif (ZEE) perairan Selat Malaka Indonesia, Rabu (26/2).

Kapal berbendera Malaysia yang diawaki oleh kelima WNI tersebut selanjutnya diamankan di kantor PSDKP Belawan untuk selanjutnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri Belawan.

Kelima WNI yang berasal dari Kabupaten Asahan,  Sumatera Utara ini masing-masing bernama Sunario, 51, sebagai tekong dan 4 Anak Buah Kapal (ABK) Dani Kurniawan, 20, Jumali, 22, Jumartin, 40, dan Abdi Susilo, 25. Mereka berasal dari Desa Jambalan, Kec. Simpang 4, Tanjungbalai, Asahan.

Informasi yang diperoleh di kantor PSDKP Belawan Kamis (26/2) diketahui, penangkapan kapal GT 64,50 dengan nama PKFB 1870 berbendera Malaysia tersebut dilakukan di wilayah perairan Indonesia saat lego jangkar dan menangkap ikan.

Selain menangkap seorang tekong dan 4 ABK itu, petugas juga mengamankan alat navigasi kapal berupa 3 unit radio berbagai merk, GPS, dan 1 teropong.

Menurut tekong Sunaryo, mereka terpaksa bekerja di Malaysia dikarenakan persoalan ekonomi. Saat itu pukat tarik dilarang di seluruh Indonesia sehingga Sunaryo langsung hijrah ke negara jiran Malaysia.

“Sebelum ditangkap, kami berangkat malam pukul 19.00 dari Utan Melintang Perak Malaysia menuju perairan Selat Malaka Indonesia,” ujar Sunario.

Sementara itu, Kasubsi Pengawasan Penanganan Pelanggaran Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Belawan Josia S Sembiring membenarkan penangkapan kapal Malaysia di wilayah perairan Indonesia.(h04)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2