Jusuf Kalla Ingin Masjid Menjadi Penggerak Ekonomi Umat - Waspada

Jusuf Kalla Ingin Masjid Menjadi Penggerak Ekonomi Umat

  • Bagikan
KETUA Umum DMI, JK (dua kiri) bersama Ketua Dewan Penasehat DMI Sumut Musa Rajekshah saat berada di Masjid Al Musanif, Jalan Cemara, Kabupaten Deliserdang, Senin (25/10).
KETUA Umum DMI, JK (dua kiri) bersama Ketua Dewan Penasehat DMI Sumut Musa Rajekshah saat berada di Masjid Al Musanif, Jalan Cemara, Kabupaten Deliserdang, Senin (25/10).

MEDAN (Waspada): Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla (JK) berharap masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah. Tapi, juga menjadi penggerak ekonomi umat.

“Masjid bukan hanya dimakmurkan, tapi juga memakmurkan,” ujar JK saat acara silaturahmi pengurus DMI di Masjid Al Musanif, Jalan Cemara, Kabupaten Deliserdang, Senin (25/10).

Di zaman Rasulullah SAW, kata dia, masjid menjadi pusat kegiatan baik pemerintahan, ekonomi. Namun, saat ini berbeda. Hanya saja dia menilai masjid tetap bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat.

Jusuf Kalla menambahkan bahwa DMI sudah membuat MoU (Memorandum of Understanding) atau kesepakatan dengan Bank Syariah Indonesia dalam hal permodalan usaha.

“Harapan kita semua mengurus masjid ini, ikut serta dalam hal memakmurkan agar mendapat kebahagiaan dunia akhirat,” kata Wakil Presiden ke 10 dan 12 itu.

JK juga menuturkan agar semua insan terus memakmurkan masjid.

Ketua Dewan Penasehat DMI Sumut, Musa Rajekshah alias Ijeck dalam kesempatan itu menyambut baik kedatangan Jusuf Kalla di Masjid Al Musanif. Apalagi juga menyempatkan diri ziarah ke makam ayahnya H Anif.

Kepada JK, Ijeck menuturkan bahwa dirinya saat ini tengah menjalankan pesan Almarhum ayahnya yakni membangun 99 masjid.

“Sebelum berpulang dadak kami berpesan ingin membangun 99 masjid, tapi belum kesampaian. Tapi berkata lain, 24 masjid sudah selesai. Sudah ada yang disetujui dadak di luar Sumut akan juga dibangun jika ada permohonan masuk. Saat ini kami yang meneruskannya,” ujarnya.

Dalam menjalankan wasiat tersebut, Ijeck sering berkoordinasi dengan pengurus DMI Sumut.

“Saat safari subuh di beberapa kabupaten/kota, saya bilang ke DMI mana tau ada masjid yang bisa dibantu untuk dibangun,” ucapnya.

Sementara itu, usai bersilaturahmi dengan DMI, JK langsung menuju makam almarhum H Anif untuk berziarah. Suasana begitu khusuk dimana JK yang didampingi sejumlah anak dan adik H Anif seperti Rahmadshah mengirimkan doa kepada Almarhum H Anif yang diakuinya sangat memiliki kedekatan dengannya.

“Saya dekat dengan beliau, dulu sudah dua kali saya dibawanya kemari (Masjid Al Musannif),” ucap JK. (m06)

  • Bagikan