Waspada
Waspada » Jenazah COVID-19 Sebelum 4 Jam Harus Dikubur Dan Tidak Menular
Headlines Medan

Jenazah COVID-19 Sebelum 4 Jam Harus Dikubur Dan Tidak Menular

TIM pengubur dengan APD lengkap disemprot disinfektan sebelum melakukan penguburan di TPU Simalingkar B, pemakaman khusus Corona di Medan, Sabtu (4/4). Waspada/Surya Efendi
TIM pengubur dengan APD lengkap disemprot disinfektan sebelum melakukan penguburan di TPU Simalingkar B, pemakaman khusus Corona di Medan, Sabtu (4/4). Waspada/Surya Efendi

MEDAN (Waspada): Pengurusan jenazah selalu dilakukan dengan menerapkan pedoman-pedoman yang telah diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 18 Tahun 2020. Selain itu, di rumah sakit juga sudah dilakukan sesuai standar isolasi.

Kadis Kesehatan Kota Medan, dr Edwin Effendi, MSc memastikan bahwa warga yang meninggal di rumah sakit terkait Coronavirus disease 2019 (Covid-19) sudah dilakukan pengamanan.

‘’Jenazah terkait Covid-19 yang telah dilakukan penanganan dengan baik, aman untuk dikuburkan. Sebab, virus hanya hidup di sel hidup dan jenazah yang telah dikubur tidak menularkan virus,’’ ucap Edwin saat dihubungi Waspada lewat WhatsApp, Minggu (5/4).

Untuk itu, tim pengubur dan masyarakat agar jangan ragu. ‘’Setelah dikafani, dibungkus dengan plastik kedap, dan dengan peti yang terkunci rapat, dipastikan tidak menularkan lagi,’’ ucap Edwin.

Edwin juga mengatakan, jenazah terkait Corona harus cepat dikuburkan. ‘’Kalau bisa sebelum 4 jam sudah dikubur,’’ ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Edwin menambahkan, tim pengubur yang sudah dibekali dengan peralatannya seperti Alat Pelindung Diri (APD), mobil ambulans yang sudah disemprot disfektan dapat bekerja dengan baik. ‘’Bekerja secara maksimal, dengan keyakinan, tidak dengan keraguan dan kecemasan,’’ harapnya. (m46)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2