Waspada
Waspada » Jelang Akhir Haji, Sebagian Jamaah Lakukan Tawaf Perpisahan
Headlines Internasional

Jelang Akhir Haji, Sebagian Jamaah Lakukan Tawaf Perpisahan

Seorang jamaah haji pada Kamis melambai ke arah Ka'bah saat melakukan tawaf Wada, atau tawaf perpisahan, yang menandai berakhirnya ibadah haji tahun ini. Haramain Info

MINA, Arab Saudi (Waspada): Jamaah Haji kembali ke tenda mereka di Mina dengan mengikuti tindakan protokol yang ketat pada Rabu setelah melakukan lempar jumrah di tiga tiang pada hari pertama Tasyrik.

Pelaksanaan lempar jumrah di hari pertama Tasyrik ini berlanjut sampai matahari terbenam. Setiap peziarah melemparkan total 21 kerikil di tiga pilar, dimulai dengan yang terkecil, diikuti oleh pilar tengah dan akhirnya yang besar atau dikenal sebagai Jamrat Aqaba.

Dilansir di Arab News, Kamis (22/7/2021), pada akhir hari kedua Tasyrik, peziarah akan melemparkan lebih dari 3 juta batu ke pilar yang ada.

Ritual pelemparan batu secara simbolis ini merupakan langkah meniru Nabi Muhammad, juga Nabi Ibrahim, yang disebut melempari setan di lokasi yang sama.

Peziarah biasanya menghabiskan tiga malam Tasyrik di Mina. Namun, bagi siapapun dan dengan alasan apapun dibolehkan meninggalkan Mina sebelum matahari terbenam pada hari kedua atau 12 Dzulhijjah.

Alat penyiram air disediakan otoritas terkait guna menawarkan penyegaran di cuaca yang sebagian berawan. Di daerah tersebut, suhunya mencapai setinggi 38 derajat Celcius.

Pejabat Menteri Haji dan Umrah, Essam bin Saeed, melakukan tur inspeksi Jembatan Jamarat untuk memastikan semua jamaah menerima layanan terbaik.

Jamaah pada Kamis melangsungkan tawaf Wada dan mereka secara bertahap akan kembali ke rumah masing-masing usai melakukan tawaf perpisahan tersebut.

Tercatat ada lebih dari 25 ribu ekspatriat dari 150 negara terpilih melakukan haji tahun ini. Mereka menjadi orang-orang yang beruntung di antara total 58.518 jamaah haji, baik pria dan wanita.

Jumlah jamaah haji perempuan yang berpartisipasi tahun ini mencapai 25.702 orang. Sementara, jamaah haji laki-laki yang menjalankan ritual tahunan tersebut berjumlah 32.816 orang. (arab news/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2