Jalur Zonasi PPDB SMAN Dibuka 19 Sampai 27 Juni - Waspada

Jalur Zonasi PPDB SMAN Dibuka 19 Sampai 27 Juni

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sumatera Utara, akan dibuka pada 19 hingga 27 Juni mendatang, melalui melalui laman.

Hal ini disampaikan, Sekretaris Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan Sumut 2020 Saut Aritonang, Jumat (12/6).

“Sistem zonasi ini, siapa yang dekat dia yang beruntung. Maka, disarankan bagi siswa dalam memilih sekolah, harus memperhatikan jarak antara sekolah dengan kediamannya, sehingga berpeluang lolos jalur mengenyam pendidikan di sekolah negeri,” katanya.

Ditambahkan, zonasi untuk Sumatera Utara memiliki radius 0 hingga 20 KM dengan melihat jarak domisili sesuai Kartu Keluarga (KK) dengan sekolah. Artinya, kita saja mengetes pakai google, dan zonasi ini ukuranya radius. Zonasi yang dulu, menurut jalannya mobil, kalau ada gang harus mutar cari jalan lain. Sekarang ini tembak lurus, radius.

“Artinya jika ada calon siswa yang mendaftar jaraknya 1 km akan lebih diprioritaskan, dibandingkan yang berjarak 2 KM. Atau ada calon siswa yang jaraknya 500 meter, tentunya dia akan lebih diutamakan. Tapi kalau tidak ada, yang jarak 20 KM juga bisa diterima, ketika sudah habis semua. Tetapi jika jaraknya sama, akan dipriotaskan siswa yang satu lokasi dengan sekolah itu berada. Atau jika sama warga satu daerah misalnya Medan, maka akan diutamakan usia yang lebih tua,” papar Saut. (m22)

  • Bagikan