Waspada
Waspada » Jalan Longsor, Rute Medan-Berastagi Terhambat
Headlines Sumut

Jalan Longsor, Rute Medan-Berastagi Terhambat

 

DELI SERDANG (Waspada): Longsornya jalan beserta pagar pembatas di jalan Jamin Ginting KM 23-24, tepatnya di Desa Tiang Layar, Kec Pancur Batu, Kab Deli Serdang, sebabkan jalur Medan-Berastagi mengalami kemacetan panjang hingga 1 kilometer, Kamis(21/1).

Pantauan Waspada Kamis(21/1) pagi, kurang lebih 1 kilometer sebelum titik longsor antrian kendaraan telah terjadi. Hal tersebut diduga karena menumpuknya kendaraan di lokasi longsor dan menyebabkan melambatnya arus lalu lintas.

Menurut keterangan salah seorang warga yang sedang berada sekitar lokasi, Irwan, 35, amblasnya jalan di Desa Tiang Layar, Kec Pancur Batu, Kab Deli Serdang telah terjadi sejak Rabu(20/1). Dan dirinya mengatakan amblasnya jalan dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi belakangan ini.

” Berapa hari ini disini terus hujan, dan hujannya sangatlah deras, hal tersebut diduga menjadi penyebab longsornya jalan. Dan saya perkirakan kedalaman longsor mencapai 30 meter”, kata Irwan.

Selanjutnya, Irwan mengatakan akibat dari kejadian ini arus lalu lintas dari arah Medan-Berastagi begitu pun sebaliknya menjadi terhambat, di karenakan seluruh pengendara baik roda 2 dan 4 sangat lah berhati-hati dalam berkendara di lokasi longsor tersebut. Dan dirinya pun berharap agar kiranya jalan dapat segera diperbaiki.

” Saya selaku masyarakat sekitar berharap agar kiranya Pemerintah dapat segera memperbaiki jalan yang longsor tersebut, karena selain menyebabkan kemacetan longsornya jalan juga dapat mengancam keselamatan pengendara yang melintas dilokasi longsor tersebut”, ucap Irwan.

Sementara itu pejabat pembuat komitmen (PPK) zona 4.4 balai besar pelaksanaan jalan nasional (BBPJN) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Aidil Syahrul, yang pada saat itu juga kebetulan sedang memantau beberapa titik longsor di jalur Medan-Berastagi, saat dikonfirmasi Waspada, terkait longsornya Jalan Jamin Ginting KM 23-24 tepatnya di Desa Tiang Layar, Kec Pancur Batu, Kab Deli Serdang, mengatakan pihak BBPJN telah mengetahui tentang longsornya jalan dilokasi tersebut, bahkan pihaknya telah mengirim tim untuk terjun langsung ke lokasi longsor agar segera dapat diperbaiki.

” Kita sudah turunkan tim ke lokasi longsor guna mengetahui sejauh mana kerusakan yang terjadi, dan langkah apa yang harus kita ambil, dan tentu saja untuk waktu sekarang itu dulu lah yang menjadi fokus utama kita”, kata Aidil Syahrul.

Saat dikonfirmasi Waspada, Aidil juga didampingi kasatker BBPJN Provsu, Al Fakih, kabid peservasi 1 BBPJN Provsu, Zusnan, serta ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Provsu, Parlindungan Purba, SH.(a01/a06/a11/a37)

Waspada/Kristian Brahmana
Jalan Jamin Ginting KM 23-24 tepatnya di Desa Tiang Layar, Kec Pancur Batu, Kab Deli Serdang longsor ancam keselamatan pengendara

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2