Waspada
Waspada » Jadi Menteri Agama, Gus Yaqut: Biarlah Agama Jadi Inspirasi
Headlines

Jadi Menteri Agama, Gus Yaqut: Biarlah Agama Jadi Inspirasi

JAKARTA (Waspada): Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai calon menteri agama hasil perombakan kabinet Indonesia maju.

Pria yang akrab disapa.Gus Yaqut ini, resmi menggantikan Menteri Agama Fachrul Razi setelah dilantik pada Rabu (23/12).

Dalam pidato singkat pasca penunjukannya sebagai calon menteri agama, Yaqut menekankan keinginanya agar agama menjadi inspirasi, bukan aspirasi. Agama sebisa mungkin tidak lagi digunakan menjadi alat politik baik untuk menentang pemerintah maupun merebut kekuasaan, atau mungkin untuk tujuan-tujuan yang lain

“Agama biar menjadi inspirasi dan biarkan agama itu membawa nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” imbuh dia.

Yaqut Cholil Coumas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut lahir di Rembang, 4 Januari 1975. Dia merupakan putra dari K.H Muhammad Cholil Bisri, salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa dan saudara dari Yahya Staquf, tokoh Nahdlatul Ulama.

Selain mengemban amanah sebagai Ketua Umum GP Ansor, Yaqut mengabdi sebagai wakil rakyat. Ia terpilih menjadi anggota DPR RI 2019-2024 di daerah pemilihan Jawa Tengah X.

Sebagai bagian dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Yaqut bertugas dalam Komisi II – Pemerintahan Dalam Negeri & Otonomi Daerah, Aparatur & Reformasi Birokrasi, Kepemiluan, Pertanahan dan Reformasi Agraria. (J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2