Irfansyah Sesalkan Sikap Pemerintah Aceh Kangkangi Perpres 54/2020 - Waspada

Irfansyah Sesalkan Sikap Pemerintah Aceh Kangkangi Perpres 54/2020

  • Bagikan
ANGGOTA DPR Aceh, Irfansyah saat bertemu dengan Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, SE
ANGGOTA DPR Aceh, Irfansyah saat bertemu dengan Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, SE

LANGSA (Waspada): Anggota DPR Aceh Fraksi Partai Aceh, Irfansyah menyesalkan sikap Pemerintah Aceh yang dinilai telah mengangkangi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54/2020, tentang perubuhan postur dan rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020.

Hal itu ditegaskan, Irfansyah kepada wartawan, Sabtu (9/5) menyikapi pernyataan Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, SE bahwa keputusan Gubernur Aceh memotong 19 persen dana APBN dan jelas tidak sesuai dengan Perpres Nomor 54/2020 yang hanya memotong 9,7 persen.

Dalam Perpres 54/2020 sangat jelas disebutkan, jika pemotongan dana peruntukan penanganan Covid-19 sebanyak 9,7 persen dari anggaran yang telah ditetapkan.

Anehnya, dalam surat Gubernur Aceh No: 050/1115/2020 tentang peruban atas keputusan Gubernur Aceh No: 050/336/2019 tentang penetapan pagu indikatif program dan kegiatan yang bersumber dari tambahan dan bagi hasil migas serta Dana Otsus aceh tahun 2020, Pemerintah Aceh jelas mengambil hak Kota Langsa mencapai 19 persen.

“Keputusan Gubernur Aceh untuk memotong 19 persen, jelas tidak sesuai dengan Perpres Nomor 54/2020 yang hanya memotong 9,7 persen,” ujar Dek Pan sapaan akrab Irfansyah.

Lanjut Ketua Askot PSSI Langsa ini, Pemerintah Aceh telah sewenang-wenang dalam melaksanakan kebijakan yang tidak berpedoman pada aturan yang ada, sehingga kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Aceh berdampak serius terhadap keberlanjutan pembangunan pada tingkat kabupaten/kota yang telah direncanakan.

Irfansyah yang merupakan putra kelahiran Kota Langsa ini mendesak Pemerintah Aceh untuk kembali mempedomani Perpres No. 54 Tahun 2020, sehingga Kota Langsa dan kabupaten/iota lainnya tidak berdampak akibat kebijakan yang diambil pada level Provinsi.

Untuk itu, politisi muda Fraksi Partai Aceh di DPR Aceh ini menyampaikan dukungan penuh kepada Wali Kota Langsa, Usman Abdullah, SE atas penyampaian aspirasinya kepada Pemerintah Aceh, sehingga Kota Langsa tidak dirugikan akibat kebijakan sewenang-wenang oleh provinsi.

Irfansyah menyatakan bahwa akan terus mengadvokasi perihal yang disampaikan oleh orang tua kami yang juga Ketua DPW Partai Aceh Kota Langsa, Usman Abdullah, SE.

“Saya selaku anggota DPR Aceh akan menyampaikan hal ini kepada Ketua DPR Aceh dan teman-teman DPR Aceh, guna memanggil Pemerintah Aceh untuk meminta kejelasannya serta kembali merujuk kepada aturan yang ada, sehingga apa yang disampaikan Walikota Langsa Usman Abdullah, SE segera ditindak lanjuti oleh Pemerintah Aceh,” demikian Irfansyah. (b13)

  • Bagikan