Ini Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Kanker - Waspada

Ini Tips Agar Terhindar Dari Penyakit Kanker

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh.

Pertumbuhan sel abnormal ini dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.

Bahkan kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia.

Untuk itu, mencegah penyakit ini kita harus melakukan beberapa hal seperti tips dokter spesialis bedah onkologi di salah satu rumah sakit di Medan, dr Albiner Simarmata SpB(K)Onk (foto kanan).

“Jadi penyebab seseorang mengalami panyakit itu banyak faktor namun hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah menjaga pola hidup sehat seperti lingkungan bersih, pola makan yang baik yang bebas pengawet, bebas bahan pewarna buatan dan sumber makanan yang baik bebas zat karsonogenik ; logam berat/ insektisida, dan selebihnya jangan lupa berdoa,” Kata Albiner yang juga bertugas di RSUD Dr Pirngadi Medan pada Sabtu (6/2).

Kalau sudah terkena, dikatakannya selain harus segera memeriksakan diri dan berobat ke dokter, juga harus terus melakukan perawatan.

“Bagi penderita yang terkena stadium fakta klinis, tapi secara umum makanan sehat, karbohidrat diturunkan 40-50% , olahraga harus teratur sesuai kemampuan,” papar Albiner.

Sementara itu, dari berbagai sumber gejala yang timbul akibat kanker bervariasi, tergantung pada jenis kanker dan organ tubuh yang terkena kanker.

Beberapa gejala yang sering dialami penderita kanker adalah muncul benjolan, nyeri di salah satu bagian tubuh, pucat, lemas, dan cepat lelah penurunan berat badan secara drastis, gangguan buang air besar atau buang air, batuk kronis, demam yang terus berulang serta memar dan mengalami perdarahan secara spontan.

Jika menemukan gejala ini dihimbau untuk segera memeriksakan diri ke dokter yang berkompeten. (cbud)

  • Bagikan