Waspada
Waspada » Impian Diwujudkan IKA SMEA/SMK Eria Berangkat Umroh Hingga Cium Hajar Aswad
Features Headlines Sumut

Impian Diwujudkan IKA SMEA/SMK Eria Berangkat Umroh Hingga Cium Hajar Aswad

JASMAN Saripudin Hasibuan (enam kiri) saat disambut oleh Rahmat Hidayat (tiga kiri) dan David Swayana (dua kiri), Lily Aswitha (enam kanan), Kepala Biro Waspada Deliserdang-Sergai HM Husni Siregar (kiri), Ustadz Zulfenri Umar Sarkawi (lima kiri) dan sejumlah perwakilan IKA SMEA/SMK Eria, di Bandara KNIA. Waspada/Edward Limbong
JASMAN Saripudin Hasibuan (enam kiri) saat disambut oleh Rahmat Hidayat (tiga kiri) dan David Swayana (dua kiri), Lily Aswitha (enam kanan), Kepala Biro Waspada Deliserdang-Sergai HM Husni Siregar (kiri), Ustadz Zulfenri Umar Sarkawi (lima kiri) dan sejumlah perwakilan IKA SMEA/SMK Eria, di Bandara KNIA. Waspada/Edward Limbong

MENCIUM Hajar Aswad memang menjadi impian setiap umat muslim dunia yang sedang melaksanakan Tawaf di Ka’bah, Masjidil Haram.

Bila beruntung, tentu akan merasakan kenikmatan tersendiri bisa mencium batu yang diyakini berasal dari surga itu. Keberuntungan tampaknya benar-benar ada dan dirasakan oleh jamaah umroh asal Medan yang berangkat melalui Biro Perjalanan Haji dan Umrah, Aura Umrah PT Grand Hijrah Haramain (GHH).

Pria beruntung itu bernama Jasman Saripudin Hasibuan, SE, MSi, 55. Dia merupakan seorang tenaga pendidik yang pernah mengajar di SMEA Eria pada tahun 1991-1993. Sebagai seorang guru di Yayasan Pendidikan Ani Idrus.

Keberangkatan menunaikan ibadah umroh Jasman itu, bermula dari kehadirannya pada acara Reuni Akbar bertajuk Alumni Gathering yang digelar Ikatan Alumni (IKA) SMEA/SMK Eria di Avros Park, 15 Desember 2019.

Kala itu, ia mendapatkan doorprize terbesar dapat tiket ke Iran yang digantikan tiket Umroh (atas permintaan Jasman) dan impian berangkat umroh tersebut diwujudkan IKA SMEA/SMK Eria.

Jasman, yang dikenal cukup baik dan sangat dekat dengan anak didiknya itu tiba bersama 33 jamaah Aura Umrah di Bandara Udara Internasional Kualanamu (KNIA) pada Jumat (6/3), sekitar pukul 10:30 WIB, setelah bertolak dari Bandara Abdul Aziz, Jeddah.

Pada kesempatan itu, Rahmat Hidayat, David Swayana, Susanti Bahtiar, Gustina Lubis, Henny Susanti dan Umi Kalsum mewakili IKA SMEA/SMK Eria beserta Kepala Biro Harian Waspada Deliserdang-Sergai HM Husni Siregar ikut menyambut kedatangan Jasman yang telah selesai menunaikan ibadah umroh dari Tanah Suci yang sebelumnya juga ikut melepas keberangkatan Jasman.

Dengan kondisi itu, Jasman sangat terharu hingga tatapan matanya berkaca-kaca, penyambutan yang dilakukan oleh murid-muridnya tersebut.

“Terharu saya tidak menyangka seperti ini, karena diluar dugaan saya karena ketika mau berangkat juga diantar, waktu pulang juga disambut,” ungkap suami dari Asnidar, SE ini.

Jasman mengkisahkan, perjalanannya umrohnya, dimana IKA SMEA/SMK Eria mewujudkan impian berangkat umroh hingga iapun bisa mencium batu Hajar Aswad. “Alhamdulillah, setelah sampai disana, semua pelaksana rukun umroh itu diselesaikan dengan baik,”tuturnya.

“Pada umumnya kami yang ikut dalam rombongan Aura Umrah ini sebagian besar bisa mencium Hajar Aswad, walaupun itu perjuangannya cukup berat, tapi Alhamdulillah bahkan yang sudah lanjut usia bisa mencium itu termasuk saya,” tambah pria kelahiran Tapsel 17 Januari 1966 itu.

Jasman mengaku, bersyukur selama di Tanah Suci bersama rombongan jamaah Aura Umrah, diberikan kelancaran oleh Allah SWT dalam beribadah.

Padahal ada penghentian sementara umroh dikeluarkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, satu hari setelah mereka tiba di Tanah Suci.

Tidak itu saja pada saat mereka berangkat dari Madinah menuju Mekkah adanya pemeriksaan kesehatan bagi setiap jamaah yang datang ke Mekkah dari Mandinah, namun mereka tidak dilakukan pemeriksaan.

Dan terakhir selepas mereka melakukan Tawaf Wada (tawaf perpisahan) rupanya tidak diperbolehkan masuk lagi karena Pemerintah Kerajaan Arab Saudi akhirnya menutup lantai dasar kompleks Masjidil Haram dan sekitar Ka’bah untuk disterilkan terhitung Kamis (5/3) siang WAS. Untuk itu Jasman menyampaikan, rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Diapun mengucapkan terima kasih kepada anak anak murid IKA SMEA/SMK Eria khususnya alumni SMEA Eria tahun 1994, kepada Harian Waspada, Yayasan Pendidikan Ani Idrus (Perguruan Eria), dan Lily Aswitha (alumni SMEA Eria tahun 1995) yang telah berperan banyak dalam ibadah umrohnya.

“Mudah mudahan, tahun depan ada guru lain yang mendapatkan rejeki seperti ini. Pesan pesan kepada alumni, mudah mudahan reuni ini tetap dilanjutkan berkesinambungan setiap tahun karena banyak hal hal positif bisa kita ambil disana,”ucap ayah dari Fathie Ziaulhaq Hasibuan, 20, Fatimah Hasibuan 17, Fatahillah Hasibuan 15.

“Silahturahmi ini (reuni) dapat berbagi informasi tentang kesuksesan. Sehingga nanti kesuksesan bisa dibagi kepada teman teman yang belum sukses kan begitu,”harap Jasman.

Sementara itu Susanti Bahtiar, mewakili IKA SMEA/SMK Eria mengakui, rasa bangga para alumni bisa andil dalam perjalanan umroh gurunya yakni Jasman. “Harapannya kami bisa kegiatan tersebut berlangsung setiap tahunnya. Agar silahturahmi tetap terjalin,” harapnya.

Sementara Sementara itu, owner dan pengarah Aura Umroh Lily Aswitha (alumni SMEA Eria tahun 1995) menyebutkan, selama menjalankan ibadah umroh jamaah Aura Umrah banyak mendapat kemudahan.

Kemudahan tersebut katanya sedikitnya ada tiga. Pertama mereka tiba di Tanah Suci satu hari sebelum pemberlakuan penghentian sementara umroh dikeluarkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Kedua lanjut Jasman, kepada Jamaah Aura Umrah tidak ada pemeriksaan pada saat masuk dari Madinah ke Mekkah dan ketiga setelah jamaah Aura Umrah menyelesaikan Tawaf Wada Pemerintah Kerajaan Arab Saudi pun sempat memberlakukan penutupan sementara.

“Memang Qada (kehendak Allah) luar biasa. Kenapa begitu, sebab begitu kami masuk besoknya tutup (penghentian sementara umroh). Begitu kami Tawaf perpisahan Masjid Haram ditutup. Jadi tidak bisa (kemudahan yang diberikan) di ucapkan dengan kata-kata. Masya Allah,” ungkap Lily dengan rasa kagum. Edward Limbong

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2