IKA SMEA/SMK Eria Wujudkan Impian Guru Berangkat Umroh - Waspada

IKA SMEA/SMK Eria Wujudkan Impian Guru Berangkat Umroh

  • Bagikan
JASMAN Saripudin Hasibuan (tengah) saat dilepas oleh Rahmat Hidayat (kanan) dan David Swayana (dua kiri) mewakili IKA SMEA/SMK Eria, Lili Aswitha (dua kanan) serta Kepala Biro Waspada Deliserdang-Sergai HM Husni Siregar (kiri) di Prime Plaza Hotel Kualanamu. Waspada/Edward Limbong
JASMAN Saripudin Hasibuan (tengah) saat dilepas oleh Rahmat Hidayat (kanan) dan David Swayana (dua kiri) mewakili IKA SMEA/SMK Eria, Lili Aswitha (dua kanan) serta Kepala Biro Waspada Deliserdang-Sergai HM Husni Siregar (kiri) di Prime Plaza Hotel Kualanamu. Waspada/Edward Limbong

HARU dan bahagia tidak terhingga dirasakan seorang guru ketika anak didiknya meraih kesuksesan serta tetap ingat akan jasa-jasanya.

Rasa haru dan bahagia itu terlihat dari pancaran mata Jasman Saripudin Hasibuan, SE, MSi, 55. Dia merupakan seorang tenaga pendidik yang pernah mengajar di SMEA Eria pada tahun 1991-1993. Sebagai seorang guru di Yayasan Pendidikan Ani Idrus, Jasman dikenal cukup baik dan sangat dekat dengan anak didiknya.

Bermula dari kehadirannya pada acara Reuni Akbar bertajuk Alumni Gathering yang digelar Ikatan Alumni (IKA) SMEA/SMK Eria di Avros Park, 15 Desember 2019, Jasman akhirnya dapat mewujudkan impian menunaikan ibadah umroh.

Saat ditemui Waspada di Prime Plaza Hotel sebelum bertolak ke Tanah Suci Mekkah, Selasa (25/2) malam, Jasman menceritakan perjalanannya hingga mendapatkan tiket umroh gratis ini.

“Awalnya, saya dihubungi Susanti Bachtiar (Alumni SMEA Eria tahun 1994). Dia menyampaikan undangan dan meminta saya hadir pada acara Alumni Gathering di Avros Park Medan, Minggu (15/12). Sementara, di hari yang sama, saya juga ada kegiatan seminar di luar Kota Medan,” cerita suami dari Asnidar, SE ini.

Semula Jasman menolak tawaran itu, karena ada tugas ke luar kota. Namun, sejumlah mantan muridnya tetap meminta sang guru hadir di acara silaturahmi itu. “Datanglah pak, usahakan,” kenang Jasman meniru ucapan salah seorang Alumni SMEA Eria tahun 1994 Susanti Bachtiar.

Untuk menghargai usaha para alumni SMEA/SMK Eria khususnya para panitia dan alumni tahun 1994, akhirnya Jasman memutuskan untuk hadir di acara Alumni Gathering.

“Saya utusan dari kampus untuk menghadiri seminar di Aceh. Jadi, saya berangkat Sabtu, 14 Desember 2019 sekira pukul 07:30. Kemudian, seminar dimulai pukul 09:00. Begitu selesai acara di Aceh, saya langsung menuju Bandara untuk pulang ke Medan,” ungkap pria kelahiran Tapsel 17 Januari 1966.

Meski Kota Medan diguyur hujan pada Minggu (15/12) siang, Jasman tetap melangkahkan kakinya menghadiri acara Alumni Gathering.

Begitu tiba di Avros Park, Jasman mengisi daftar hadir dan mendapat kupon doorprize. Setelah itu, dia berbaur bersama para alumni, guru dan undangan lainnya.

“Saat itu, saya belum duduk, masih membasuhi badan (terkena rintik hujan). Tiba-tiba diumumkan dapat tiket ke Iran. Terkejut saya,” ujar pria yang tinggal di Jl. Jermal III, Kelurahan Denai, Kecamatan Medan Denai ini.

Setelah menerima voucher perjalanan ke Iran dari Aura Umroh, Jasman mengutarakan keinginannya ke Tanah Suci untuk melaksanakan umroh.

Karena owner dan pengarah Aura Umroh Aura Umroh merupakan alumni SMEA Eria tahun 1995, yakni Lily Aswitha, akhirnya cita-cita sang guru untuk menunaikan ibadah umroh langsung terwujud.

“Saya selalu katakan kepada istri, sebelum berangkat haji, saya ingin umroh dululah. Saya bilang begitu. Karena daftar tunggu saya untuk berangkat haji sesuai data yakni tahun 2022. Sedangkan istri saya sudah berangkat umroh,” ujar ayah dari Fathie Ziaulhaq¬† Hasibuan, 20, Fatimah Hasibuan 17, Fatahillah Hasibuan 15.

Dengan nada haru, Jasman menyampaikan terimakasih kepada Harian Waspada, Yayasan Pendidikan Ani Idrus (Perguruan Eria), IKA SMEA/SMK Eria khususnya alumni SMEA Eria tahun 1994 dan Lily Aswitha (alumni SMEA Eria tahun 1995).

“Karena melalui kegiatan Alumni Gathering yang digelar IKA SMEA/SMK Eria, akhirnya saya bisa mewujudkan impian untuk menunaikan ibadah umroh,” ujar Jasman.

Pada kesempatan itu, Rahmat Hidayat dan David Swayana mewakili IKA SMEA/SMK Eria beserta Kepala Biro Harian Waspada Deliserdang-Sergai HM Husni Siregar ikut melepas keberangkatan Jasman untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci.

Sementara itu, owner dan pengarah Aura Umroh Lily Aswitha mengatakan, Aura Umroh berdiri sejak tahun 2013 dan sudah memberangkatkan ribuan jamaah umroh ke Tanah Suci. Menurutnya, doorprize yang didapat Jasman Saripudin merupakan doorprize terbesar.

“Sebenarnya, pak Jasman mendapatkan doorprize tour gratis ke Iran. Namun karena bapak adalah guru kita, maka kita tukarkanlah. Karena beliau ingin sekali menunaikan ibadah umroh,” ungkap wanita yang mudah tersenyum ini.

Jasman bergabung dengan 33 jamaah umroh yang berangkat menggunakan pesawat Lion Air dari KNIA, Rabu (26/2) pagi, melalui Biro Perjalanan Haji dan Umrah, Aurah Umroh PT Grand Hijrah Haramain (GHH) yang pengelolanya merupakan alumni SMEA Eria Medan tahun 1995. Edward Limbong

  • Bagikan