HUT Ke-75 PMI Wagubsu Launching Ambulans Bertekanan Negatif - Waspada

HUT Ke-75 PMI Wagubsu Launching Ambulans Bertekanan Negatif

  • Bagikan
WAKIL Gubernur Sumatera Utara, H Musa Rajekshah menyerahkan tong cairan disinfektan secara simbolis. Waspada/Ist
WAKIL Gubernur Sumatera Utara, H Musa Rajekshah menyerahkan tong cairan disinfektan secara simbolis. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Wakil Gubernur Sumatera Utara, H Musa Rajekshah melaunching ambulans bertekanan negatif.

Ambulans ini diperuntukan melayani masyarakat yang terinfeksi Covid-19 dan penyakit menular lainnya.

Launching tersebut dilaksanakan serangkaian dengan peringatan HUT ke-75 Palang Merah Indonesia (PMI) dengan tema “Tetap Solid Selalu dan Berkarya Demi Kemanusiaan” di Markas PMI Sumut, Jumat (18/9).

“Ambulans ini unitnya dari kita peralatan dan interior dalamnya dibantu oleh Pusat. Untuk pelaksanaan operasionalnya kita bekerjasama dengan gugus tugas provinsi dan Kota Medan. Nanti pihak mana yang membutuhkan silahkan menghubungi kita. PMI siap membantu dan standby. Semoga ambulans ini bisa digunakan untuk melayani masyarakat yang terpapar Covid,” jelas Musa Rajekshah yang juga Ketua PMI Medan ini.

Saat ini, lanjutnya, PMI Medan telah memiliki 13 unit ambulans namun baru satu unit yang bertekanan negatif.

“Untuk di Sumut RSUP H Adam Malik juga memiliki satu unit,” cetusnya.

Artinya, ambulans bertekanan negatif yang dilaunching ini merupakan ambulans kedua yang ada di Sumatera Utara dan satunya untuk pelayanan masyarakat.

Di kesempatan itu, Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck menyampaikan dalam usia PMI ke 75, PMI tetap siap membantu pemerintah mengatasi permasalahan sosial.

Selain kantong darah, donor darah dan tanggap bencana.

“PMI Kota Medan tetap berupaya maksimal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lewat donor darah. Sehubungan dengan pandemi Covid-19, PMI Kota Medan berinisiatif menjemput bola dengan menemui lembaga donor. Saya mengajak kawan di kecamatan mengimbau masyarakat untuk tidak takut mendonorkan darahnya. Petugas kita pasti menjaga pendonor demikian pula darah donor kita kelola dengan steril untuk memastikan kualitas darah yang kita salurkan ke pendonor baik,” tuturnya.

Kegiatan yang turut dihadiri Ketua Harian PMI Medan John Lubis dan pengurus PMI Kota Medan lainnya, Pengurus PMI Sumut, pengurus PMI Kecamatan dan seluruh relawan ini dirangkai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua PMI Kota Medan H Musa Rajeckshah, dilanjut pembagian tong cairan disinfektan yang diserahkan ke 21 kecamatan se Kota Medan dan launching Ambulan Tekanan Negatif.

Didampingi pengurus lainnya, Musa Rajekshah selanjutnya meninjau setiap unit pelayanan di UTD PMI Kota Medan. (m27)

  • Bagikan