HRS Resmi Ditahan, Lima Tersangka Lainnya Minta Ikut - Waspada

HRS Resmi Ditahan, Lima Tersangka Lainnya Minta Ikut

  • Bagikan
HRS saat mengenakan baju tahanan dan tangan diborgol usai diperiksa dinihari tadi.(net)
HRS saat mengenakan baju tahanan dan tangan diborgol usai diperiksa dinihari tadi.(net)

JAKARTA (Waspada): Habib Rizieq Shihab (HRS) resmi ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat. Habib Rizieq ditahan selama 20 hari ke depan. Sementara lima tersangka lainnya minta ikut ditahan bersama HRS.

“Kita lakukan penahanan oleh penyidik itu dimulai 12 Desember selama 20 hari ke depan sampai tanggal 31 Desember 2020,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12).

Argo kemudian mengungkap alasan penyidik menahan HRS. Salah satunya karena dikhawatirkan mengulangi perbuatannya.

“Alasan penahanan ada dua yaitu objektif dan subjektif. Untuk objektif ancaman di atas 5 tahun, subjektif kenapa dilakukan penahanan yang pertama agar tersangka tidak melarikan diri, kemudian tersangka tidak menghilangkan barang bukti dan yang ketiga adalah tidak mengulangi pengulangannnya,” kata Argo.

Argo mengatakan penahanan juga dilakukan guna mempermudah proses penyidikan. HRS ditahan di Rutan Dirnarkoba Polda Metro Jaya. “Intinya dilakukan penahanan untuk mempermudah proses penyidikan. Ditahan di Rutan Polda Metro Jaya, di narkoba,” katanya.

HRS resmi ditahan di Rutan Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka penghasutan terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. HRS digiring ke Rutan Polda Metro Jaya dengan kondisi tangan diborgol.

Minta Ikut
Teranyar, Kuasa Hukum Front Pembela Islam (FPI), Azis Yanuar, mengatakan 5 tersangka lain terkait kasus kerumunan yang terjadi beberapa waktu lalu saat ini sedang menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Pemeriksaan terhadap 5 tersangka lainnya dilakukan pasca HRS ditahan.

“Untuk 5 tersangka tidak ada narasi menyerahkan diri karena apa, karena mereka saat ini sudah diperiksa. Bahkan kalau saya tidak salah mereka meminta untuk ikut ditahan juga bersama Habib Rizieq,” kata Azis Yanuar, Minggu dini hari.

Azis menjelaskan kelima tersangka lainnya tidak dikenakan pasal 160 tentang penghasutan seperti pasal yang dikenakan kepada HRS. Namun begitu, kelima tersangka tersebut meminta dicantumkan pasal 160 agar bisa ditahan bersama HRS.

“Meskipun pasal yang disangkakan tidak ada pasal 160-nya, mereka minta untuk dibuatkan 160 juga. Sudah diperiksa dan tim kita juga sudah mendampingi sekarang sedang menjalani,” tambah Azis.

Selain itu, Azis juga menjelaskan akan ada rencana mengajukan pra peradilan terhadap proses penangkapan, penahanan dan penetapan tersangka terhadap HRS dan 5 tersangka lainnya.

Lima orang selain HRS yang jadi tersangka kasus kerumunan adalah ketua panitia acara pernikahan putri HRS, Haris Ubaidillah, Sekretaris Panitia Ali Bin Alwi Alatas, Penanggung Jawab Keamanan Acara, Maman Suryadi. Lalu, ada Penanggung Jawab Acara, Sobri Lubis. Dan yang terakhir adalah Kepala Seksi Acara, Habib Idrus.(m14/net)

  • Bagikan