Waspada
Waspada » Heboh, Tangki Truk 15.000 Kg Elpiji Bocor
Aceh Headlines

Heboh, Tangki Truk 15.000 Kg Elpiji Bocor

PETUGAS pemadam kebakaran sedang berupaya mengevakuasi truk tangki pengangkut elpiji seberat 15000 Kg yang bocor di jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di depan Kantor Camat Indrajaya, Kabupaten Pidie, Jumat (22/1). Waspada/Muhammad Riza
PETUGAS pemadam kebakaran sedang berupaya mengevakuasi truk tangki pengangkut elpiji seberat 15000 Kg yang bocor di jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di depan Kantor Camat Indrajaya, Kabupaten Pidie, Jumat (22/1). Waspada/Muhammad Riza

SIGLI (Waspada): Mobil truk tangki BK 9064 FA milik PT Pertamina yang mengangkut 15000 Kg gas elpiji mengalami kebocoran di Jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di depan Kantor Camat Indrajaya, Kabupaten Pidie, Jumat (22/1), sekira pukul 06:10 Wib.

Akibat kebocoran gas elpiji di tengah permukiman padat tersebut, puluhan kepala keluarga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian langsung dievakuasi untuk menghindari paparan gas elpiji.

Sampai saat ini, pukul 09:00 Wib, petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Pidie dibantu petugas Kepolisian dari jajaran Polres Pidie dan TNI dari Kodim 0102 Pidie masih melakukan upaya evakuasi terhadap mobil tangki tersebut.

Upaya mengeluarkan isi gas yang ada di dalam tangki terus dilakukan, sambil dilakukan penyemprotan air dari beberapa mobil pemadam kebakaran.

“Agar bisa dievakuasi, gas elpijinya dikosongkan terlebih dahulu,” ujar petugas pemadam kebakaran.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun Waspada, dari sejumlah warga di lokasi kejadian menyebutkan, peristiwa ini bermula setelah sopir dan kernet truk tangki pengangkut elpiji tersebut beristirahat di kawasan persawahan Gampong Blang Malu, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie.

“Mobil truk tangki ini baru saja jalan, setelah tadi mereka istirahat di kawasan Gampong Blang Malu,” kata Usman, 30 salah seorang pedagang yang sedang dalam perjalanan ke Sigli.

Warga lainnya menuturkan saat mobil tangki ini melintasi kawasan Pasar Lampoih Saka, Kecamatan Peukan Baro, Kabupaten Pidie, gas elpiji dalam tangki truk tersebut sudah keluar dari selang pengisian gas bagian sisi kiri truk.

Truk tangki BK 9064 FA baru berhenti setiba di depan kantor Camat Indrajaya.

Setelah berhenti, sopir truk itu langsung lari menuju kantor Kapolsek dan Koramil Indrajaya.

Dimana ketika itu beberapa petugas Koramil dan Polsek Indrajaya sedang melakukan penyapuan halaman.

Sementara truk tangki pengangkut gas elpiji seberat 15000 Kg tersebut diparkir pada sisi kiri jalan Medan-Banda Aceh, tepatnya di depan kantor Camat Indrajaya terus mengeluarkan gas berbentuk warna putih.

Saat itu warga masih terlelap, namun sebagiannya sudah mulai membuka toko.

Petugas anggota Koramil dan Polsek Indrajaya yang mengetahui adanya truk tangki pengangkut gas elpiji bocor, langsung mengamankan lokasi dan terus berupaya mengevakuasi warga.

Akibat peristiwa ini, jalan negara lintas Medan-Banda Aceh tersebut terjadi kemacetan panjang dari dua arah.

Petugas terpaksa mengalihkan kendaraan melalui Lampoih Saka-Bambi. (b06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2