Waspada
Waspada » Harian Waspada Medan Gelar Vaksinasi Covid19 Untuk Karyawan dan Wartawan
Headlines Medan

Harian Waspada Medan Gelar Vaksinasi Covid19 Untuk Karyawan dan Wartawan

 

MEDAN (Waspada): Sebanyak 50 karyawan dan wartawan Harian Waspada Medan menerima vaksinasi covid 19 tahap kedua, Sabtu (8/5). Bekerjasama dengan Puskesmas Kampung Baru dipimpin Kepala Puskesmas Kampung Baru dr Erwina Zaini, digelar di gedung Bumi Warta Waspada Jl Letjend Suprapto Medan.

“Sebelumnya vaksinasi tahap pertama sudah dilakukan pada 10 April 2021, dan sesuai jadwal nya yakni setelah 28 hari dari vaksin pertama dilakukan kembali vaksin tahap kedua,” ujar dr Erwina.

Dikatakannya, vaksinasi covid 19 ini merupakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga dapat memutus mata rantai penularan Covid-19. Sedangkan untuk gejala dari vaksinasi itu sendiri, lanjutnya tidak ada yang berbahaya meski tergantung kondisi tubuh penerima vaksinasi tersebut.

“Dari ribuan orang yang sudah kami beri vaksinasi, hanya 30 orang yang melaporkan kepada kami terhadap gejala vaksinasi seperti lemas, lapar, kebas dan pegal-pegal. Memang tidak semua mendapat reaksi yang sama, ada yang pada vaksinasi pertama bereaksi dan kedua tidak atau sebaliknya,” kata dr Erwina.

Ia juga mengimbau, setelah mendapatkan vaksinasi Covid19 tahap kedua tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes). Karena vaksinasi ini bukan berarti bebas terkena covid 19, tapi bisa mencegah dari kasus berat ke ringan.

“Vaksinasi ini menciptakan respons antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Jadi selesai vaksin, kita sarankan untuk istirahat dan tetap menjaga prokes, menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ungkapnya.

Dari pantauan, suntikan vaksinasi Covid19 diberikan sebelumnya dengan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan tensi darah. Kemudian oleh dr Erwina mewancarai gejala-gejala penyakit yang ada diderita calon penerima vaksin dan jika aman langsung diberikan penyuntikan vaksinasi covid 19.

“Setelah disuntik vaksin, peserta biaa melihat aplikasi pesan singkat atau SMS
dari peduli lindungi untuk mendapatkan sertifikat. Jika belum, mohon mengakses website pedulilindungi.id,” tutur dr Erwina. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2