Waspada
Waspada » Hari Ini Polres Simeulue Operasi Patuh Seulawah 2020
Aceh Headlines

Hari Ini Polres Simeulue Operasi Patuh Seulawah 2020

OPERASI Seulawah 2020 di Simeulue, Kamis (23/7). Waspada/Ist
OPERASI Seulawah 2020 di Simeulue, Kamis (23/7). Waspada/Ist

SIMEULUE (Waspada): Hari ini, Kamis (23/7) personel Polres Simeulue Aceh melakukan apel gabungan pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah 2020 di halaman Mapolres Setempat.

Apel dipimpin Kapolres Simeulue AKBP Agung Surya Prabowo, diwakili oleh Wakapolres Simeulue Kompol Raja Gunawan.

Pada kegiatan itu ratusan Personil gabungan dari TNI/Polri, Dishub dan Dinas Kesehatan, Satpol PP turut serta.

Adapun jumlah kekuatan yang hadir 1 pleton dari kodim 0115 Simeulue, 1 pleton dari Lanal Simeulue dan 1 pleton dari Dishub dan satpol PP Simeulue, dan sejumlah anggota Dar instansi terkait.

Gelar Ops menurut Wakapolres R Gunawan melalui PAUR Humas Polres Simeulue, Bripka Efriadi Saputra tadi membahas berbagai persiapan dalam memelihara keamanan lalu lintas dengan mengedepankan kegiatan preventif dan represif guna meningkatkan simpati masyarakat thdap Polantas dalam rangka pencegahan/ penularan Covid-19 di jalan.

Sehingga katanya dengan begitu masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman serta situasi Kamtibmas khususnya di Polres Simeulue dapat terkendali dan kondusif.

Lebih lanjut dilaporkan kepada Waspada bahwa amanat Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada yang dibacakan Wakapolres Simeulue Kompol Raja Gunawan, menyebutkan gelar operasi seperti ini dilaksanakan setiap tahun.

Katanya, dari data Kepolisian di wilayah hukum Polda Aceh ada 46 kejadian pada tahun 2018, Sementara di tahun 2019 meningkat menjadi 72 kejadian.

57 persen korban meninggal dunia pada tahun 2018.

Angka ini menurun pada 2019 sebesar 39 persen dari 18 orang menjadi 11 orang.

Kepolisian Aceh juga mencatat di 2018, 9571 kasus pelanggaran, diselesaikan dengan tilang 7947 kasus dan 1624 teguran.

Angka ini meningkat 37 persen di tahun 2019, Yakni 13,153 pelanggaran, diselesaikan dengan tilang 10,869 kasus dan 2284 teguran.

Peningkatan ini sebut Kapolda sangat berkorelasi dengan jatuhnya korban.

Untuk itu perlu upaya mewujudkan situasi Kamtibsanlantas.

Operasi dengan Sandi Seulawah 2020 juga melibatkan berbagai Instansi terkait, dalam pelaksanaanya.

Kemudian katanya angka ini sangat berkolerasi dengan jatuhnya korban, kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan situasi yang lebih kondusif.

Pertimbangan hal di atas maka upaya ini kita laksanakan.

Penekanan operasi adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI.

Pengemudi kendaraan yang tidak menggunakan safetybelt, pengemudi melebihi batas kecepatan dan dalam pengaruh alkohol, pengendara di bawah umur, penggunaan Hp, dan melawan arus.

Usai kegiatan pembacaan amanat Kapolda Waka Polres Simeulue mengatakan operasi akan dilaksanakan pada 23 Juli hingga 4 Agustus 2020 dengan mengambil lokasi sejumlah titik di seputaran Kota Sinabang.

Dalam operasi gabungan ini juga akan dikaitkan dengan menjaga kelancaran berlalulintas dan ketertiban, jelang masuknya Lebaran Idul Adha 1441 H.

Diminta masyarakat agar senantiasa mematuhi dan melengkapi surat kendaraan saat berkendara.

Disamping itu ungkapnya kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, Sekaligus menekan angka kecelakan dan pelanggaran di Simeulue dan dihimbau tetap mengikuti Protokol Kesehatan. (b26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2