Waspada
Waspada » Hari Bhakti Ke 75, PUPR Adakan Penghijauan Di Balige By Pass
Headlines Sumut

Hari Bhakti Ke 75, PUPR Adakan Penghijauan Di Balige By Pass

DALAM rangka Hari Bhakti ke 75, PUPR BBPJN II Sumut mengadakan penanaman pohon di Jalan Balige By Pass, Tambunan, Kabupaten Toba, Sabtu (5/12). Waspada/Ramsiana Gultom
DALAM rangka Hari Bhakti ke 75, PUPR BBPJN II Sumut mengadakan penanaman pohon di Jalan Balige By Pass, Tambunan, Kabupaten Toba, Sabtu (5/12). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada): Dalam rangka Hari Bhakti ke 75, PUPR Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II (BBPJN II) Sumatera Utara mengadakan penanaman pohon di Jalan Balige By Pass, Tambunan, Kabupaten Toba, Sabtu (5/12).

Sebanyak 980 batang tanaman produktif seperti mangga, durian, rambutan, alpukat dan pohon tak berbuah seperti angsana akan ditanam di sepanjang sisi kiri dan kanan jalan Balige By Pass dengan jarak tanam masing-masing 1×10 meter.

Di hari pertama penanaman pohon, BBPJN II Sumut telah memplotting 100 batang tanaman di sepanjang Bendungan Gondang Tambunan, selanjutnya akan dilakukan secara berkala hingga Jalan Balige By Pass sepanjang 9,8 Km selesai ditanami.

Kepala BBPJN II Sumut, Slamat Rasidi Simanjuntak didampingi Ketua Panitia, Patar dan Kadis PU Kabupaten Toba, Sikkat Sitompul mengatakan Hari Bhakti ke 75 PUPR jatuh pada 3 Desember.

Rangkaian kegiatannya dilanjut dengan penanaman pohon atau penghijauan pada tanggal 4-5 Desember di seluruh Indonesia.

“Secara keseluruhan Kementrian PUPR menaman 47,000 pohon di seluruh Indonesia, sedangkan kita di Sumut akan menanam 1,000 pohon lebih dan kami pusatkan di Jalan Balige By Pass. Kenapa disini? Karena ini merupakan proyek startegis nasional dan pendukung KSPN Danau Toba. Target kita, selain jalan ini bagus juga Go Green sehingga nyaman dilewati dan aman dari gerusan air,” papar Slamet.

Untuk perawatan, pihaknya memastikan seluruh pohon akan dirawat secara berkala.

Di awal, tanaman akan dipasang kandang bambu guna memastikan pohon tumbuh dengan aman.

“Jalan ini akan dirawat oleh PPKnya, demikian juga pohon ini akan menjadi satu kesatuan. Pohon ini akan kita pantau dan tiap tahunnya akan kita rawat,” pungkasnya.

Kadis PU Kabupaten Toba, Sikkat Sitompul menjelaskan, sebelumnya Pemkab Toba telah mengalokasikan anggaran sebesar 60 Miliar untuk biaya pembebasan lahan Balige By Pass.

Kondisi lahan seluruhnya clear dan diperkirakan akan selesai maksimal pada tahun 2021 nanti.

“Tinggal satu kali penganggaran lagi maka Jalan Balige By Pass akan selesai, jika tidak ada kendala dipastikan tuntas tahun depan,” ucap Sikkat.

Turut hadir mewakili Bupati Toba sekaligus Kadis PU Sikkat Sitompul, Kadis Pariwisata Jhon Pieter Silalahi, mewakili Kadis Lingkungan Hidup Bangun Siagian, Tokoh Masyarakat Robinson Tambunan, Golongan Muda PUPR, dan penyedia jasa yang bekerja di Balige By Pass. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2