Waspada
Waspada » Gugatan Praperadilan Jannus Napitupulu Ditolak Hakim
Headlines Sumut

Gugatan Praperadilan Jannus Napitupulu Ditolak Hakim

SIDANG putusan Praperadilan Gugatan Jannus Napitupulu bersama Rudi Napitupulu dipimpin Hakim Tunggal Praperadilan PN Balige. Dalam putusannya menolak seluruh gugatan pemohon, Rabu (22/7). Waspada/Ist
SIDANG putusan Praperadilan Gugatan Jannus Napitupulu bersama Rudi Napitupulu dipimpin Hakim Tunggal Praperadilan PN Balige. Dalam putusannya menolak seluruh gugatan pemohon, Rabu (22/7). Waspada/Ist

TOBA (Waspada): Gugatan praperadilan Jannus Napitupulu ditolak hakim. Gugatan Praperadilan No 5/Pra Pid/2020/PN BLG yang diajukan Jannus Napitupulu bersama Rudi Napitupulu terhadap Kepolisian Sektor Balige atas penangkapan, penetapan dan penahanan keduanya dalam kasus penganiayaan secara bersama sama terhadap Hulman M Napitupulu ditolak di PN Balige, Rabu (22/7).

Kuasa Hukum termohon, Panahatan Hutajulu SH, dan Chandra TP Lubis, SH mengaku puas karena gugatan praperadilan Jannus Napitupulu ditolak hakim.

“Yang digugat pemohon sebagai termohon dalam praperadilan ini adalah Negara RI, Kapolri, Kapolda Sumut, Kapolres Tobasa Cq Kapolsek Balige selaku penyidik. Dan telah diputuskan Hakim dalam putusannya menolak seluruh gugatan pemohon,” ujar Panahatan Hutajulu.

Lebih lanjut Panahatan mengatakan, putusan yang dipertimbangkan oleh hakim antara gugatan praperadilan dan masalah syarat formil pada gugatan pra peradilan yang mengacu pada pasal 77 KUHAP dan putusannya, syarat formil menjadikan pemohon sebagai tersangka dalam praperadilan telah memenuhi dua alat bukti yang diperoleh oleh penyidik, sehingga Hakim praperadilan menolak gugatan pra peradilan pemohon.

“Adapun amar putusan yang dibacakan Hakim adalah, menolak eksepsi termohon dalam pokok perkara. Menolak gugatan praperadilan dari pemohon untuk seluruhnya. Menghukum pemohon praperadilan untuk membayar biaya perkara,” pungkas Panahatan.

Dalam persidangan sebelumnya, Kuasa Hukum Pemohon Kamaruddin Simanjuntak SH mempertanyakan surat tugas Kasat Reskrim Polres Tobasa, AKP Nelson Sipahutar atas kehadirannya mendampingi Kuasa Hukum Termohon Panahatan Hutajulu SH, bahwa kehadiran Kasat adalah mengikuti, bukan mendampingi, sehingga Hakim Tunggal mempersilahkan Kasat Reskrim Polres Tobasa untuk mendengar sidang saja.

Kuasa Hukum Pemohon Kamaruddin Simanjuntak SH juga mempertanyakan kehadiran Kuasa Hukum Termohon, dimana yang digugat adalah Institusi Kepolisian yakni Polsek Balige dengan tembusan Kapolres, Kapolda dan Kapolri, seharusnya sebagai kuasa hukum dari Biro Hukum pihak Kepolisian, bukan Kuasa Hukum Swasta. (a36)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2