Waspada
Waspada » Gudang Bantuan Korban Kebakaran Dibongkar Sepihak
Headlines

Gudang Bantuan Korban Kebakaran Dibongkar Sepihak

SEJUMLAH orang-orang suruhan dari Lurah Sei Kera Hulu sedang memindahkan barang-barang dari dalam gudang ke atas mobil Pick Up Patroli Kebersihan Kecamatan Medan Perjuangan, Rabu (4/3). Waspada/Andi Aria Tirtayasa
SEJUMLAH orang-orang suruhan dari Lurah Sei Kera Hulu sedang memindahkan barang-barang dari dalam gudang ke atas mobil Pick Up Patroli Kebersihan Kecamatan Medan Perjuangan, Rabu (4/3). Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Pengurus Posko Masyarakat menyesalkan sikap Lurah Sei Kera Hulu Kecamatan Medan Perjuangan yang membongkar dan mengamankan sejumlah barang-barang sumbangan dari warga masyarakat dan Ormas Islam ke kantor Lurah Sei Kera Hulu di Jl. Lubuk Kuda Kecamatan Medan Perjuangan, Rabu (4/3).

Mansyur Siregar selaku Kordinator Posko mengatakan, barang-barang sumbangan Ormas Islam itu sengaja disimpan di dalam gudang di Jl. Sentosa Lama karena nantinya akan disalurkan kepada para korban kebakaran.

“Setelah barang-barang sumbangan telah dibagikan kepada para korban, tiba-tiba gudang dibongkar maling sehingga penyaluran bantuan berikutnya terhenti karena kasus pencurian tersebut masih dalam proses hukum penyidikan pihak kepolisian sedangkan pelaku pencurian sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Medan,” ujar Mansyur didampingi warga Edi Lubis ,48, dan Kordinator Lapangan Baun Siregar.

Mansyur juga menepis adanya isu yang menyebutkan bahwa pihaknya diduga melakukan penimbunan barang-barang sumbangan Ormas Islam.

“Semua barang telah disalurkan. Bahkan dana bantuan dalam bentuk finansial juga telah kami salurkan kepada warga korban kebakaran. Jadi, sisa barang yang ada sekarang ini belum bisa disalurkan karena masih ada masalah di Polrestabes Medan,” tegas Mansyur.

Mansyur menambahkan, di dalam gudang Posko itu tidak ada barang milik pemerintah dan semuanya barang-barang sumbangan dari Ormas Islam, masyarakat dan dermawan muslim lainnya.

Sedangkan Kordinator Lapangan Posko Baun Siregar menegaskan pihaknya akan membawa masalah ini ke ranah hukum dengan meminta advokasi dari Tim Pembela Muslim (TPM) dan Ormas-Ormas Islam yang menjadi penyumbang terbesar untuk para korban kebakaran.

“Kami akan menyelesaikan masalah ini lewat jalur hukum melalui Tim Pembela Muslim,” tegas Baun. Sementara itu, Lurah Sei Kera Hulu Mustofa ketika dikonfirmasi menyebutkan, pembongkaran gudang Posko Bantuan Korban Kebakaran tersebut karena adanya laporan dari warga bahwa ada dugaan penimbunan barang-barang bantuan untuk korban kebakaran.

“Warga menduga adanya penimbunan barang-barang sehingga kami bersama Bhabinkamtinmas mengamankan barang-barang tersebut ke kantor Lurah Sei Kera Hulu,” jelas Mustofa.

Pantauan Waspada, sejumlah orang suruhan Lurah Sei Kera Hulu dan Kepala Lingkungan 21 memindahkan barang-barang bantuan untuk korban kebakaran ke atas mobil Pick Up Patroli Kecamatan Medan Perjuangan untuk diamankan di kantor Lurah Sei Kera Hulu.

Pembongkaran barang-barang dari dalam gudang Posko tersebut disaksikan lurah, Kepling, Babinsa Koramil Medan Timur dan Bhabinkamtibmas Polsek Medan Timur. (h04)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2