Waspada
Waspada » Gubsu: Perlu Kekompakan Bangun UISU
Headlines Medan

Gubsu: Perlu Kekompakan Bangun UISU

MEDAN (Waspada): Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan, untuk memajukan Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan seluruh civitas UISU.

“Civitas UISU harus kompak dan bergandeng tangan memajukan kampus ini,” kata Gubsu pada perayaan Milad ke 68 UISU di Auditorium kampus tersebut Jl. SM Raja Medan, Selasa (7/1).

Hadir Wagubsu Drs Musa Rajekshah, Kepala LLDIKTI Wilayah I Prof. Dian Armanto, Saekretaris Kopertais Wilayah IX Dr Ansyari Yamamah, Ketua Pembina Yayasan T Hamdi Oesman Delikkan Alhajj, Ketua Umum Yayasan Prof Ismet Danial Nasution, Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution, Kosek Hanudnas Letkol Dr Rusli Sip SH, MH, dan undangan lainnya.

Milad ke 68 UISU juga ditandai penyerahan penghargaan kepada empat orang tokoh masyarakat. Mereka adalah H Anif Shah sebagai tokoh di bidang pendidikan diwakili Drs Musa Rajekshah, H Prabudi Said Pemimpin Redaksi Harian Waspada sebagai tokoh Pers dan Jurnalistik, Dr Rizal Agus SE, MSc sebagai tokoh masyarakat bidang ekonomi/kewirausahaan, dan Hj Tengku Mirza Sinar MA sebagai tokoh masyarakat dibidang sejarah dan budaya.

Lebih lanjut Gubsu mengatakan, ke depan UISU harus lebih baik. “Para pendiri UISU telah memberikan contoh teladan bagi para penerus UISU, jadi marik kita wujudkan cita-cita pendiri UISU tersebut,” tuturnya.

Gubsu yakin UISU berkembang, mengingat Ketua IKA UISU adalah Drs Musa Rajekshah yang juga Wagubsu. Ini tentu dapat membantu memajukan UISU. “Apalagi UISU adalah satu-satunya PTS tertua di Sumut yang berlabelkan Islam,” ujarnya.

Karena itu, kata Gubsu, tidak ada alasan UISU tidak maju, kuncinya cukup kekompakan. Bagi Gubsu, kampus UISU tidak bisa dipisahkan dalam hidupnya karena sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum, apalagi istrinya adalah alumni Fakultas Ekonomi UISU.

Sementara itu, Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAP, menyampaikan prestasi dan kendala dihadapi UISU. Kata Rektor, UISU membutuhkan lahan seluas 20 hektar untuk pengembangan kampus. Lahan yang ada selama ini sekitar 5 Ha hampir tak mampu lagi menampung segala aktivitas perkuliahan. Untuk itu, Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi diharapkan dapat membantu UISU untuk mendapatkan lahan di Batang Kuis, Deliserdang.

Rektor menambahkan, di usia 68 tahun UISU mengalami berbagai kemajuan seperti dalam bidang penelitian memperoleh peringkat Madya. Kerjasama Fakultas Kedokteran dengan Dinas Kesehatan mengatasi HIV. Rektor bertekad pasa masa datang semua Prodi yang ada di lingkungan kampus UISU memperoleh akreditasi A dan penghargaan ISO.

Ketua Umum Yayasan UISU Prof Ismet Danial Nasution, drg optimis Gubsu dapat membantu perluasan lahan UISU di Batang Kuis, Deliserdang. Bahkan, Prof. Ismet yakin bukan hanya sekitar 20 hektar tapi lebih luas lagi.

Kepala LLDIKTI Wilayah I, Prof Dian Armanto MPd, MA, MSc, PhD, menegaskan bahwa UISU merupakan salah satu PTS sehat, karena memiliki banyak guru besar. Yayasan memiliki lahan, kuota dosen yang mencukupi.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Harian Waspada, Prabudi Said saat menerima award tokoh masyarakat di bidang pers/jurnalistik dari Rektor UISU itu, mengucapkan terima kasih. Award diterima saat dia berusia 68 tahun bertepatan dengan 68 tahun milad UISU, ujar Prabudi.

Kepada Rektor, Prabudi juga menyampaikan bahwa dia pertama kali menginjakkan kaki di UISU ketika berusia 12 tahun saat dibawa ayahnya, H.Mohammad Said yang juga tokoh pers, pendiri SKH Waspada dan penulis sejarah. Ketika itu di tahun 1963, HM Said menyelenggarakan seminar Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia bekerjasama dengan UISU. Beliau menseminarkan sejarah Islam di Sumut khususnya bersama-sama dengan para pendahulu UISU.

Jadi, kata Prabudi, kini dia berada lagi di UISU menerima award, mengingatkan peran wartawan/pers masa dulu bekerjasama dengan UISU bagi kepentingan siar sejarah Islam. Kerjasama kedua pihak (pers dan UISU) diharapkannya dapat terus terjalin dengan baik. (m49)

Waspada/M.Ferdinan Sembiring

Gubsu H. Edy Rahmayadi bersama Ketua Pembina Yayasan T Hamdi Oesman Delikkan Alhajj, Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin, dan tokoh masyarakat penerima award.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2