Waspada
Waspada » Gubsu Minta Dukungan Siapkan Sport Center
Headlines Olahraga

Gubsu Minta Dukungan Siapkan Sport Center

Buka Musorprov KONI Sumut

GUBSU H Edy Rahmayadi (tengah), Ketum KONI Pusat Marciano Norman (4 kanan), Ketum KONI Sumut John Ismadi Lubis (3 kiri) dan Ketum KONI Aceh Muzakir Manaf (3 kanan), foto bersama usai pembukaan Musorprov di Hotel Gran Mutiara, Berastagi, Rabu (27/1) sore. Waspada/Jonny Ramadhan Silalahi

BERASTAGI (Waspada): Gubernur Sumatera Utara Letjend TNI (Purn) H Edy Rahmayadi meminta dukungan semua pihak untuk menyiapkan sport center paling lengkap di Desa Sena, Kuala Namu, Deliserdang.

Permintaan itu dia sampaikan dalam sambutannya sebelum membuka Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Sumut di Hotel Grand Mutiara, Berastagi, Karo, Rabu (27/1) sore.

“Mohon dukungan semua pihak, terutama Anda yang hadir di sini. Juga doakan saya bisa menyiapkan itu tepat waktu, jangan pula ikut-ikutan menghalangi pembangunannya,” ucap Edy Rahmayadi.

Gubsu pun menceritakan pengalaman panjang dan uniknya dalam mengurus lahan negara untuk Sport Center Sumut seluas 300 hektare tersebut. Untuk itu Edy sampai menghadap Presiden Jokowi, Menkeu Sri Mulyani, Menko Luhut B Panjaitan dan sebagainya.

“Setelah itu selesai semua, kita mesti berhadapan lagi dengan LSM (lembaga swadaya masyarakat) yang mengklaim lahan itu. Saya sampai diperkarakan dan oleh pengadilan malah mereka pula yang dimenangkan,” kenang Edy.

Dia menargetkan kawasan olahraga yang dilengkapi dengan pusat perbelanjaan dan rumah sakit berstandar internasional itu bakal rampung bulan April 2023.

“Kita harapkan siap sebelum masa jabatan saya berakhir, supaya bisa digunakan untuk PON 2024,” tekad mantan Pangkostrad dan Pangdam I Bukit Barisan itu.

Edy Rahmayadi dengan gaya khasnya yang mengundang tawa audiens, lantas menyentil oknum-oknum pengurus olahraga yang ternyata lebih sulit diurus daripada atletnya.

“Olahraga itu adalah jiwa-jiwa yang patriot dan penuh kepastian. Jadi orang yang tidak mau seperti itu, tolong keluarlah dari pengurus olahraga,” harap mantan Ketua Umum PSSI Pusat tersebut.

“Supaya kita bisa berbagi tugas, siapa yang mengurus olahraga dan siapa yang membiayai olahraga. Jangan sampai saya (pemerintah) sebagai yang membiayai, mesti ikut mengurus olahraga juga,” sindir Edy lagi.

Dia kemudian meminta kepada KONI Sumut agar meraih sukses secara bermartabat. “Terutama pada PON 2024, ketika kita menjadi tuan rumah bersama Provinsi Aceh. Juara kita harus mendapat pengakuan,” tegasnya.

Ketua Umum KONI Pusat Letjend TNI (Purn) Marciano Norman mengatakan sinergitas serta koordinasi antara KONI Aceh dan Sumatera Utara sudah sangat baik dan bahkan luar biasa.

“Dengan itu saya yakin PON 2024 bakal sukses. Empat tahun tidak lama, itu tidak akan terasa dalam masa persiapan,” tutur Marciano yang tampil sebelum Edy Rahmayadi.

“Saya juga apresiasi KONI Sumut yang tetap menjalankan Pelatihan Daerah di tengah masa pandemi seperti sekarang. Kita tahu ini masa yang sangat-sangat sulit dan serba tidak pasti,” tambah mantan Komandan Paspampres tersebut.

Marciano tak lupa memberikan penghargaan kepada Gubsu H Edy Rahmayadi dan DPRD Sumut yang terus mendukung program dan kegiatan KONI Sumut.

“Sebab tanpa dukungan pemerintah, olahraga tidak akan berjalan. Jadi itu harus dibayar, terutama melalui tata kelola organisasi harus baik dan bisa dipertanggungjawabkan,” pesannya.

Terkait PON 2021 Papua, Marciano menegaskan sampai hari ini masih tetap sesuai jadwal pada Oktober dan secara kesiapan venue sudah 90 persen.

“Namun ada beberapa yang perlu dikerjakan lagi, seperti masalah transportasi dan akomodasi. PB PON juga sudah menyarankan kepada Presiden RI dan Menpora dengan beberapa rujukan untuk kepastian pelaksaannya,” jelas Marciano.

“Pertama terkait pandemi Covid-19. Kedua multi event internasional seperti Olimpiade Tokyo. Jika Olimpiade berjalan, berarti PON pun bisa berjalan,” klaim mantan Kepala BIN ini.

Turut hadir pada acara pembukaan Musorprov KONI Sumut 27-29 Januari 2021 di antaranya Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf atau Mualem, Bupati Karo terpilih Cory Sriwaty Sebayang, Plt Kadisporasu Baharuddin Siagian.

Juga Ketua Umum KONI Sumut 2017-2021 John Ismadi Lubis, Wakil Ketua I Prof Dr Agung Sunarno, Wakil Ketua II Sakiruddin SE MSi, Sekum Chairul Azmi, Wasekum Yanto Pasaribu, Bendahara Agung Santoso, Wakil Bendahara TP Sihombing dan unsur pengurus lain.

Sebelumnya John Lubis melaporkan, sebenarnya masa bakti KONI Sumut 2017-2021 baru akan berakhir pada 31 Januari.

“Tapi musyawarah ini kita segerakan saja dengan tiga agenda, yakni evaluasi program 2017-2021, penyusunan program 2021-2025 dan pemilihan ketua umum 2021-2025,” jelasnya.

John Lubis mengatakan, masa bakti mendatang sangat berat, sebab ada dua Pekan Olahraga Nasional (PON) di dalamnya, yakni PON 2021 Papua dan PON 2024 Aceh-Sumut.

“Sebagai tuan rumah bersama Aceh, Sumatera Utara pada PON 2024 membidik tri sukses, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat,” tegas John Lubis.

Menurutnya, Musorprov dihadiri 32 dari 33 KONI Kabupaten/Kota dan hanya Nias Utara yang tidak ikut, karena KONI setempat belum terbentuk. Juga 47 Pengprov Cabang Olahraga dan Badan Fungsional sebagai anggota KONI Sumut.

“Musyawarah ini juga mengukuhkan empat anggota baru. Tiga anggota pecahan dari PABBSI, yakni angkat besi, angkat berat dan binaraga. Satu lagi olahraga baru E-Sports Indonesia,” pungkasnya. (m08)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2