Waspada
Waspada » Gubsu Kembali Perpanjang PPKM Hingga 14 Maret
Headlines

Gubsu Kembali Perpanjang PPKM Hingga 14 Maret

GUBSU Edy Rahmayadi, didampingi Kadiskominfo Irman Oemar. Gubsu kembali perpanjang PPKM hingga 14 Maret. Waspada/Ist
GUBSU Edy Rahmayadi, didampingi Kadiskominfo Irman Oemar. Gubsu kembali perpanjang PPKM hingga 14 Maret. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi, kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari tanggal 1 hingga 14 Maret 2021.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumut Irman Oemar, berbicara kepada wartawan di Posko Satgas Covid-19, rumah dinas Gubsu, Senin (1/3). Katanya, perpanjangan PPKM dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.
 “Perpanjangan PPKM tersebut berdasarkan Instruksi Gubernur  No. 188.54/5/INST/2021 tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Sumut,” ujar Irman, yang juga Koordinator Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Sumut.
 Disebutkan, hingga tanggal 28 Februari 2021 angka kematian (case fatality rate/CFR) Sumut masih di atas rata-rata nasional,  yaitu 3,41%, recovery rate 86,5 dan positivity rate 7,2%.
Untuk itu masih diperlukan langkah sistematis, strategis, cepat, tepat, fokus, dan terpadu untuk mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19, dengan memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat secara tepat dan terukur.
Dijelaskan Irman, instruksi Gubernur tersebut berisi mengenai pembatasan tempat kerja dengan menerapkan kerja dari rumah sebesar 50% dan kerja dari kantor sebesar 50%, dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat.
Sektor penting yang terkait dengan kebutuhan pokok masyarakat bisa tetap beroperasi 100%, dengan pengaturan jam operasional, kapasitas, dan penerapan protokol kesehatan.
“Pengaturan kegiatan restoran masih diberlakukan. Kapasitas dibatasi sebesar 50%, jam operasional juga dibatasi hanya sampai pukul 21:00 saja,” kata Irman.
 Selain itu, pembatasan jam operasional untuk tempat hiburan malam hanya bisa beroperasi hingga pukul 22:00.
“Kita harapkan para pelaku usaha mematuhi Instruksi Gubernur dan peraturan kepala daerah di masing-masing tempat, ini dilakukan semata untuk kepentingan bersama, yakni mengendalikan  pandemi Covid-19,” kata Irman.
 Selain itu, tentang vaksinasi Covid-19 tahap II, Satgas Penanganan Covid-19 Sumut akan memberikan vaksin kepada pekerja publik. Di antaranya personel TNI/Polri, guru, jurnalis, hingga Lansia di atas 60 tahun. Sasaran vaksin pada tahap II sekitar 300.000 orang. (m07)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2