Waspada
Waspada » Gubsu Edy Rahmayadi: Saya Tak Mau Pers Mati
Headlines

Gubsu Edy Rahmayadi: Saya Tak Mau Pers Mati

PARA penerima Sahabat Pers 2020 foto bersama usai menerima penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Ketua Harian SPS Pusat Januar di Medan, Minggu (29/11). Waspada/Andi Aria Tirtayasa
PARA penerima Sahabat Pers 2020 foto bersama usai menerima penghargaan yang diserahkan oleh Wakil Ketua Harian SPS Pusat Januar di Medan, Minggu (29/11). Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengaku tak mau pers di Sumut mati. Jika pers mati, maka Pemerintahan Provinsi Sumut akan mati.

“Republik ini tanpa pers ibarat makan tanpa sayur dan garam. Jadi, keputusan  pers sangat penting dalam pembangunan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu, saya tak mau pers mati,” tegas Gubsu Edy Rahmayadi pada acara malam penganugerahan Sahabat Pers,  yang digelar oleh pengurus Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut di Medan, Minggu (29/11) malam.

Disebutkan Gubsu, jika pers mati maka tidak ada corong masyarakat dalam menyampaikan kontrol sosialnya.

“Meski kondisi pandemi Covid-19 memberikan dampak di berbagai sektor. Bidang ekonomi sangat sulit. Perekonomian Sumut  sangat ditentukan  oleh objektivitas dan kreatif kita semua termasuk di dalamnya pers yang memiliki peranan sangat penting,” ujar Gubsu.

Meski demikian, tambah Gubsu,  Pemprovsu akan tetap membantu kehidupan pers di Sumut. Pers harus kita jaga.

“Saya akan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Sumut,” pungkasnya.

Bangga

Sebelumnya, Wakil Ketua Harian SPS Pusat Januar mengaku bangga dengan kegiatan penghargaan Sahabat Pers 2020 yang dilaksanakan oleh pengurus SPS Sumut dan diharapkan apa yang dilakukan oleh pengurus SPS Sumut hendaknya diikuti oleh pengurus SPS di daerah lainnya.

“Kegiatan yang dilakukan SPS Sumut hendaknya bisa diikuti oleh pengurus SPS di daerah lainnya,” harap Januar.

Januar juga menambahkan, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini, media cetak sangat prihatin kondisinya namun teman-teman pers di Sumut bisa berbangga hati karena Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut sangat peduli dengan perusahaan pers dan memberikan bantuannya demi kehidupan pers di Sumut.

Adapun penerima anugerah Sahabat Pers 2020 yakni Gubsu H Edy Rahmayadi, Wagubsu Drs H Musa Rajeckshah MHum, Bupati Deliserdang  H Ashari Tambunan, Walikota Padangsidempuan  Irsan Efendi Nasution, Bupati Padanglawas H Ali Sutan Harahap, Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan dan Bupati Batubara Ir H Zahir MAP.

Selanjutnya, Walikota Tanjungbalai M Syahrial, Bupati Labuhan Batu H Andi Suhaimi Dalimunthe, Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting.

Berikutnya, Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumut H Kodrat Shah, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis, Direktur Utama Bank Sumut Muchammad Budi Utomo, Ketua TP PKK Kota Binjai Hj Lisa Andriani Lubis, Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin Siregar dan Rektor UMSU Dr Agussani MAP.

Good Media

Selain memberikan  anugerah Sahabat Pers, pengurus SPS Sumut juga memberikan penghargaan Good Media, penghargaan khusus media cetak dan  Sumatera Utara Print Media  Awards (SUPMA) 2020.

Penghargaan Good Media untuk kategori peliputan politik diraih Harian Sumut Pos. Untuk kategori Good Media penanggulangan pandemi Covid-19 diraih Harian Sumut 24.

Untuk kategori Good Media  peliputan ekonomi dan bisnis diraih Harian Analisa.

Untuk kategori Good Media peliputan berita hukum dan kriminal diraih  Harian Medan Pos.

Untuk kategori Good Media  berita pendidikan dan pelayanan publik diraih Harian WASPADA.

Penghargaan khusus untuk media cetak  inspiratif khas kedaerahan  diberikan kepada Harian Sinar Indonesia Baru.

Untuk media cetak perintis SPS Sumut dan media yang konsisten terbit sejak tahun 1945 diberikan kepada Harian Mimbar Umum sedangkan penghargaan khusus untuk media cetak yang terbit setelah penerapan UU Pers No 40 tahun 1999 diberikan kepada Harian Realitas.

Penghargaan Sumatera Utara Print Media Awards (SUPMA) untuk peringkat I/Platinum diraih Harian Waspada. Peringkat II/Gold diraih Harian Analisa, peringkat III/Silver diraih Sumut Pos dan peringkat IV/Bronz diraih Harian Orbit.

Acara penganugerahan Sahabat Pers 2020 tersebur dihadiri oleh sejumlah pemimpin redaksi suratkabar, tokoh masyarakat Sumut Syamsul Arifin dan para undangan lainnya. (m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2