Waspada
Waspada » Gubsu Diminta Tambahkan Syarat Bebas Narkoba Bagi Seluruh Calon Siswa
Headlines

Gubsu Diminta Tambahkan Syarat Bebas Narkoba Bagi Seluruh Calon Siswa

ABDUL Rahim Siregar ST,MT (tengah) didampingi oleh Kapolres Padangsidempuan AKBP Juliani Prihartini dan Kepala BNN Tapsel Bapak AKBP Tongku Bosar Pane saat menggelar Sosiaisasi Perda Sumut Nomor 1 Tahun 2019 di Padangsidempuan, pekan lalu. Gubsu diminta tambahkan syarat bebas narkoba bagi seluruh calon siswa. Waspada/Ist
ABDUL Rahim Siregar ST,MT (tengah) didampingi oleh Kapolres Padangsidempuan AKBP Juliani Prihartini dan Kepala BNN Tapsel Bapak AKBP Tongku Bosar Pane saat menggelar Sosiaisasi Perda Sumut Nomor 1 Tahun 2019 di Padangsidempuan, pekan lalu. Gubsu diminta tambahkan syarat bebas narkoba bagi seluruh calon siswa. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Gubsu diminta tambahkan syarat bebas narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba) bagi seluruh calon siswa dalam proses penerimaan seluruh jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, SMK dan MAN di kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Sumut Abdul Rahim Siregar ST, MT dalam rangkaian kegiatan Sosiaisasi Perda (Sosper) Sumut Nomor 1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya.

Acara digelar di Aula Gedung Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS), Jl Sutan Muhammad Arief No 32 Padangsidimpuan (PSP), akhir pekan lalu.

Hadir di sana Wakil Walikota PSP Ir H Arwin Siregar MM yang sekaligus membuka acara, Kapolres PSP AKBP Juliani Prihartini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) PSP KH Zulfan Efendi Hasibuan, Kepala Kakasospol Alpian Pane, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tapsel, AKBP Tongku Bosar Pane.

Juga hadir tokoh pendidikan Tabagsel Ustadz Awaluddin, Ketua Yayasan Binaul Ummah Khoiruddin Rambe S Sos.

Menurut anggota dewan dapil Sumut 7 yang meliputi Tapsel, Sidempuan, Paluta dan Palas ini, keinginan penambahan syarat bebas narkoba merupakan bagian dari rekomendasi Sosper dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba di Sumut.

“Kita minta Gubsu danPemprovsu segera mengeluarkan regulasi terkait penerimaan siswa baru semua tingkatan (SMU/SMK/MAN-SMP-SD) dengan surat bebas narkoba,” tegas anggota dewn dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Tidak Terjerumus Narkoba

Dijelaskan, penambahan syarat bebas narkoba dimaksudkan agar anak didik atau siswa tak terjerumus dalam penyalahgunaan barang haram tersebut.

Saat ini, menurut Abdul Rahim peredaran narkoba merambah pelajar dan siswa, sehingga dikhawatirkan jadi ancaman bagi masa depan siswa itu sendiri.

“Perlu keseriusan semua pihak, termasuk Pemprovsu untuk mengantisipasi mewabahnya penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Sebagai wujud dari peran serta dan tanggungjawab wakil rakyat, Fraksi PKS, sebut Abdul Rahim telah membuat aksi nyata yang akan melakukan tes urin terhadap 11 anggota fraksi pertengahan Maret 2021 ini.

Selain syarat bebas bagi siswa, Sosper mengeluarkan rekomendasi, yakni bahwa Peredaran Narkoba di Kota PSP tanggungjawab bersama, dan harus ada gerakan aksi secara terpadu dan terintegrasi.

Terutama antara BNNK, Kepolisian, dan Kejaksaan, Ulama, Ormas dan seluruh masyarakat dalam pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Genap Narkoba (P4GN ) sesuai Inpres No 02 Tahun 2020.

Adapun garda terdepan dalam pemberantas ini adalah BNN, Kepolisian dan Kejaksaan.

Kemudian, dia meminta Pemko Padangsidempuan untuk segera membuat Perda terkait Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya.

Pihaknya juga berharap kepada Pemko untuk segera melakukan kordinasi dengan BNNP untuk memfasilitasi terbentuknya BNNK Padangsidempuan. (cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2