Waspada
Waspada » Gedung Eks Medan Plaza Dirubuhkan
Headlines Medan

Gedung Eks Medan Plaza Dirubuhkan

SEJUMLAH alat berat sedang bekerja merubuhkan eks gedung Medan Plaza. Waspada/ME Ginting
SEJUMLAH alat berat sedang bekerja merubuhkan eks gedung Medan Plaza. Waspada/ME Ginting

MEDAN (Waspada): Gedung eks Medan Plaza Jl. Iskandar Muda Medan yang terbakar Agustus 2015 lalu mulai dirubuhkan, Kamis (18/6).

Sejumlah alat berat dan pekerja sedang beroperasi di lokasi guna merubuhkan bangunan yang sudah hitam legam akibat lalapan sijago merah itu.

Sampai hari ini belum diketahui mau dibuat apa lokasi eks pusat perbelanjaan tertua tersebut.

Tapi yang jelas alat berat sudah bekerja di dalam untuk menghancurkan bangunan maupun temboknya.

Lokasi itu juga dipagar dengan seng keliling untuk menjaga kenyamanan bagi warga yang melintas supaya tidak terdampak dengan batu bangunan yang di hancurkan.

Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan Benny Iskandar ketika dikonfirmasi mengaku belum mendapat informasi terkait bangunan tersebut.

“Belum ada info tapi yang lalu alat berat untuk merubuhkan (gedung-red),” kata Benny.

Secara terpisah Kabid Aset di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Medan Sumiadi mengatakan, lahan eks Medan Plaza bukan lagi aset Pemko Medan.

“Lahan itu bukan lagi aset pemko sejak mulai 2015 atau 2016. Mungkin sudah pernah baca dikoran ya, Pemko kalah di Pengadilan,” katanya.

Ketika ditanya soal putusan MA dan pihak mana yang sudah memenangkan perkara di MA itu, Sumiadi menegaskan silahkan ditanya ke bagian hukum.

Dari data diperoleh Sesuai keputusan Mahkamah Agung Nomor 2/603/PDT/1997 tertanggal 28 Oktober 1998, lahan parkir seluas 8.935 m2, di komplek bekas pusat perbelanjaan Medan Plaza Jl. Iskandar Muda merupakan milik Pemko Medan.

Kepemilikan tersebut berstatus Hak Pengelolaan Lahan (HPL) nomor 174.

Seperti diketahui sebelumnya kebakaran di Medan Plaza di Jl. Iskandar Muda Medan, Sumatera Utara pada Sabtu, (22/8/2015) dinihari lalu menjadi kisah memilukan bagi ribuan orang yang menggantungkan hidupnya di mal tersebut.

Medan Plaza merupakan plaza tertua di Kota Medan.

Ratusan toko, mulai toko pakaian hingga toko emas, ada di gedung berlantai tujuh itu.

Di dalamnya juga terdapat kantor bank, ATM Center, dua pasar swalayan, sejumlah restoran, pusat permainan anak, serta gereja dan perkantoran. (m26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2