Waspada
Waspada » FC Utrecht Kontrak 18 Bulan Bagus Kahfi
Headlines Olahraga

FC Utrecht Kontrak 18 Bulan Bagus Kahfi

AMIRUDDIN Bagus Kahfi bersama Ketua Umum PSSI. Antara

JAKARTA (Waspada): Pemain masa depan Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi, sudah dipastikan bakal melanjutkan karier di Belanda bersama FC Utrecht.

Perwakilan Mola TV selaku pemilik program Garuda Select, Mirwan Suwarso, mengatakan striker 18 tahun itu dikontrak 18 bulan oleh Utrecht. Jika performa Bagus dinilai memuaskan, Bagus akan dapat perpanjangan kontrak.

“Dia akan menjalani masa recovery selama lima bulan, setahunnya dia akan adaptasi bermain di Utrecht. Kalau bagus, ada opsi perpanjangan dua tahun,” kata Mirwan, Rabu (2/12).

Mirwan memastikan status Bagus sebagai pemain sudah dilepas sepenuhnya oleh Barito Putera. Tidak ada biaya kompensasi yang diberikan Utrecht kepada Barito Putera alias gratis.

Padahal, Bagus dikontrak Barito Putera selama tiga tahun sejak 2018. Kontraknya baru akan berakhir pada akhir 2021 mendatang. “Bagus dilepas Barito, bukan dipinjamkan. Iya betul, gratis (tidak ada biaya kompensasi atas sisa kontrak),” sebutnya.

Bagus Kahfi dipastikan bisa mewujudkan impiannya bermain di Eropa setelah bertemu dengan manajemen Barito Putera, menyelesaikan masalah komunikasi antara pemain dan klub yang sempat memanas beberapa waktu lalu.

Sejatinya, permasalahan antara Barito Putera dan Bagus Kahfi hanya berbeda pemahaman saja. Barito tak pernah menghalangi impian Bagus untuk berkiprah di Eropa, hanya saja ada beberapa hal yang mesti disepakati lebih dulu.

Klub besutan Djadjang Nurdjaman tersebut tidak mau Bagus pergi begitu saja dan berharap ia bisa kembali ke Barito suatu saat nanti apabila karier di luar negeri tak berjalan sesuai harapan.

“Tentu kami sangat bangga dan mendukung Bagus Kahfi untuk bergabung di klub Eropa. Mudah-mudahan berkah untuk Bagus, Barito Putera, dan tentunya Timnas Indonesia,” ujar CEO Barito Putera Hasnuryadi dikutip dalam laman resmi PSSI dari Jakarta, Rabu (2/12).

Bagus juga sempat memberikan klarifikasi soal kesalahpahamannya tersebut. Ia telah meminta maaf kepada manajemen Barito Putera atas unggahannya di media sosial serta bertemu langsung dengan Hasnuryadi.

Bagus Kahfi mengaku bersyukur dan berterimakasih atas dukungan dari PSSI dan Barito Putera. Ia pun bertekad membalas kepercayaan yang diberikan Barito Putera soal impiannya bermain di luar negeri.

“Semoga saya bisa membanggakan Indonesia saat bermain di Eropa nanti. Tentu bila ada panggilan timnas, saya akan kembali dan memberikan 100 persen untuk bangsa ini,” kata Bagus.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bertemu dengan CEO Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman dan Bagus Kahfi di kawasan Kebayoran, Jakarta, Selasa (1/12) malam.

Pertemuan ini juga diikuti oleh beberapa elemen Barito Putera seperti pelatih Djadjang Nurjaman, Manajer Mundari Karya, pemain Aditya Harlan dan orangtua Bagus Kahfi.

Pertemuan tersebut menghasilkan keputusan bahwa Barito Putera mendukung penuh Bagus Kahfi untuk berkarier di luar negeri dalam hal ini Eropa. Tentu PSSI selaku Federasi Sepakbola Tertinggi di Indonesia sangat mendukung keputusan Barito Putera.

“Alhamdulillah hari ini saya berada di rumah mas Hasnuryadi Sulaiman yang notabene sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI dan pemilik Barito Putera. Terima kasih dari PSSI kepada Barito Putera yang sudah membesarkan Bagus selama ini dan membikin klub Eropa tertarik untuk mengambilnya. Kami mendukung Bagus Kahfi berkarier di Eropa,” kata Iriawan.

“Keikhlasan beliau (Hasnuryadi Sulaiman) luar biasa dan saya angkat topi. Ini tentu menjadi tauladan bagi tim yang lain. Untuk Bagus, kami berharap ia terus bersemangat, kerja keras dan selalu bermain maksimal. Dan saat panggilan ke timnas Indonesia ia harus kembali,” tambah Iwan Bule sapaan akrap Mochamad Iriawan. (m18/ant)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2