Dua WNI Asal Depok Positif Corona - Waspada
banner 325x300

Dua WNI Asal Depok Positif Corona

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Dua orang Indonesia dinyatakan positif terjangkit virus virus corona 2019 (Covid-19). Keduanya adalah seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya, 31 tahun.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam keterangannya mengatakan, kedua orang tersebut adalah warga Depok, Jawa Barat yang tertular dari warga negara Jepang yang tinggal di Malaysia dan sempat berkunjung ke Indonesia. Menurut Terawan, WN Jepang yang tinggal di Malaysia tersebut dinyatakan positif Covid-19 oleh pemerintah Malaysia pada pekan lalu.

“Ada WN Jepang yang tinggal di Malaysia, melakukan perjalanan ke Indonesia, kembali ke Malaysia setelah beberapa hari sakit, maka dicek di sana karena kena monitor. Dikatakan Covid-19 positif. Pemerintah Malaysia menghubungi kami dan melakukan penelusuran.
Kelihatanya, WN Jepang ini sudah terinfeksi (di Malaysia),”kata Terawan di JakartaSenin (2/3).

Sebelumnya, diketahui ada WN Jepang yang bepergian ke Indonesia dan kembali ke tempat tinggalnya di Malaysia yang positif terkena Covid-19. Pemerintah Malaysia lantas mengabarkan Indonesia.

Selanjutnya, Terawan mengatakan pihaknya melakukan surveillance tracking untuk mengetahui detail ke mana saja orang Jepang itu pergi.

“Begitu dengar berita, kami melakukan penelusuran dan pemisahan dan siapa pun yang close contact, selalu diperiksa detail. Orang yang tinggal dengan dua orang ini dipisah, juga sudah kami pisahkan,” kata Terawan.

Dinas kesehatan lantas menemukan ibu dan anak yang mengalami gejala batuk, pilek, sesak dan demam.

“Saya sudah melakukan kunjungan ke RS Penyakit Infeksi SuliantI Saroso dan kedua ibu dan anak ini ditangani dengan baik,” kata Terawan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengumumkan adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona. Saat ini, kedua pasien Covid-19 itu dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

Menurut Jokowi, dua WNI itu tersebut sempat kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

“Orang jepang ke Indonesia bertamu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun,” kata Jokowi.(dianw/)

  • Bagikan