Waspada
Waspada » Dua Menteri Kunjungi Desa Sigapiton
Headlines Sumut

Dua Menteri Kunjungi Desa Sigapiton

Dua Menteri Kunjungi Desa Sigapiton
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengunjungi Desa Sigapiton di Kec. Ajibata, Kab. Tobasa, Selasa (3/3).

TOBASA (Waspada) : Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengunjungi Desa Sigapiton di Kec. Ajibata, Kab. Tobasa, Selasa (3/3).

Adapun tujuan dua menteri kunjungi Desa Sigapiton untuk melihat secara langsung bagaimana kesiapan Desa Sigapiton dijadikan sebagai desa wisata.

“Kami datang kemari untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat, apa yang bisa kita lakukan di sini. Presiden Jokowi ingin pembangunan itu merata, beliau ingin melihat pembangunan wisata itu di daerah
Toba ini terus didorong untuk meningkatkan kehidupan masyarakat”, ujar Luhut.

Terkait gejolak panjang dan penolakan yang sempat dilakukan oleh warga Sigapiton sebelumnya, dengan tegas Luhut meminta agar masyarakat berkenan membuka diri dan tidak mudah terprovokasi.

“Saya pastikan kepada seluruh warga Sigapiton bahwa pemerintah tidak akan merugikan warga atas pengembangan The Kaldera ini. Apalagi saya putra di sini, saya hanya ingin agar anak anak Toba bisa lebih baik dari saya. Saya ingin orang dari kampung kampung itu bisa menikmati pendidikan yang lebih baik dan jadi pemimpin suatu ketika, jadi jangan mudah terprovokasi”, imbuhnya.

Terkait pernyataan Luhut yang tidak akan merugikan masyarakat lokal, penegasan itupun berulang kali disampaikannya.

“Pemerintah tidak akan merampas dan menyengsarakan kalian. Ada yang memanas manasin, itu sebenarnya adalah orang yang tidak bertanggungjawab. Di atas akan dibangun hotel hotel berbintang atau resort, saya ingin agar masyarakat terlibat secara langsung. Bersama sama kita akan jadikan Sigapiton menjadi spot tourism”, tegas Luhut.

Kata Luhut, “Banyak demo demo yang tidak perlu, jangan ikut ikut kata yang tidak jelas. Jika ada yang penting anda ketahui, maka tanya sama saya lewat Kepala Desa. Dang mungkin segaonku hutaku, dang adong rumus ni i (ngak mungkin kurusak kampungku, ngak ada rumusnya itu)”, tegas Luhut.

Berkembang atau tidaknya wisata di Sigapiton, ujar Luhut, semuanya tergantung kepada warga Sigapiton itu sendiri.

“Kita harus merubah mental kita dengan bersahabat dengan para tourist dan pengunjung. Mau bikin ini maju atau tidak maju, itu tergantung kepada kalian sendiri”, paparnya.

Sebelumnya, kehadiran Luhut dan Wishnutama disambut langsung oleh Diretur BPODT Arie Prasetyo, Bupati Tobasa Darwin Siagian bersama jajarannya, Kades Sigapiton Hisar Butarbutar, Tokoh masyarakat tiga desa lokasi The Caldera dan warga Sigapiton.

Sebelum bertolak kembali ke Balige, Luhut dan Wishnutama bersama rombongan juga melakukan survei ke lokasi pelabuhan Sigapiton yang akan segera dibangun pemerintah pusat. (crg)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2