DPR Akan Panggil Kembali Pihak PT Raja Marga Terkait Limbah - Waspada

DPR Akan Panggil Kembali Pihak PT Raja Marga Terkait Limbah

  • Bagikan

NAGAN RAYA (Waspada): DPRK Nagan Raya akan memanggil kembali pihak PT. Raja Marga terkait pencemaran lingkungan.

Demikian Ketua Komisi III Bidang Limbah dan Lingkungan DPRK Nagan Raya Zulkarnai dalam pertemuan Perwakilan PT Raja Marga desa Alue Rambot Kecamatan Darul Makmur di Ruang Fraksi DPRK Nagan Raya, Senin (13/4).

Zulkarnain bersama anggota Sarimin menjelaskan kalau memang pihak PT. Raja Marga tidak kooperaktif terkait poin-poin yang pernah dibicarakan dengan kepala Administrasi Suyanto, kita akan memanggil pihak perusahaan PT. Raja Marga dengan masyarakat untuk membahas tindak lanjut mengenai permasalahan tersebut.

Sementara itu, Ketua yayasan Bidang Kajian Politik dan Analisis Kebijakan Aceh Ibnu Hajar SH kepada Waspada usai pertemuan mengatakan terkait permasalahan PT. Raja Marga dengan masyarakat PKS PT. Raja Marga tidak mempunyai lahan perkebunan.

“Dan laporan ini kita terima dari Kades Alue Rambot yang mewakili masyarakat bahwa dugaan permasalahan limbah, CSR, Jankos, ketenagakerjaan dan permasalahan lainnya,” ujarnya.

Sebab ini menyangkut hak layak hidup orang banyak dan bau limbah maupun Asap jankos yang menimbulkan penyakit Asma (sesak napas) batuk dan ini harus ada perhatian khusus oleh perusahaan, asap maupun limbah jarak tempuhnya 1 km yang terkena imbasnya tidak pilih-pilih semua masyarakat yang jaraknya 1 km wajib mendapatkan kompensasi.

“Kita harapkan dalam pertemuan nanti akan kita pertanyakan integritas PT. Raja Marga yaitu Dana CSR, Ketenagakerjaan, Limbah, Jankos dan permasalahan lainnya,” harap Ibnu Hajar.

Kedatangan Wakil Ketua Solidaritas Generasi Aceh Perubahan (DPD-SiGAP) Kabupaten Nagan Maimunis bersama Kades Alue Rambot Hasanuddin ke DPR untuk mempertanyakan paska sidak Ketua komisi III dan rombongan ke PT. Raja Marga Jumat 3 April 2020.

Sidak tersebut sebagai tindak lanjut surat laporan masyarakat tanggal 26 Maret 2020 Tentang jankos, CSR, Limbah, ketenagakerjaan.

Maimunis mengatakan, kunjungan ke Komisi III mempertanyakan tindak lanjut paska kunjungannya dan rapat dengar pendapat dengan pihak PT. Raja Marga yang dihadiri pihak PT. Raja Marga Kepala Administrasi Suyanto sedangkan Ketua komisi III Zulkarnain didampingi Sarimin TA. Talip, Saiful dan Raja Sayang.

Kami ingin hasil keputusan rapat tersebut DPRK memberikan tempo 5 hari untuk menyelesaikan poin-poin permasalahan PT. Raja Marga dengan pihak masyarakat Desa Alue Rambot.

Dalam hal tersebut Wakil Ketua DPD-SIGAP meminta pihak DPRK Nagan Raya memanggil pihak PT. Raja Marga agar hadir di DPRK dalam Minggu ini.

“Atau sebelum bulan suci Ramadhan guna untuk dengar pendapat dengan masyarakat,” kata Maimunis. (cb07)

  • Bagikan