Waspada
Waspada » Disdukcapil Layani Perekaman e-KTP Di Hari Sabtu Bagi Penduduk Pemula
Headlines Medan

Disdukcapil Layani Perekaman e-KTP Di Hari Sabtu Bagi Penduduk Pemula

PETUGAS Disdukcapil sedang melakukan perekaman e-KTP terhadap salah seorang warga, Sabtu (21/11). Waspada/ME Ginting
PETUGAS Disdukcapil sedang melakukan perekaman e-KTP terhadap salah seorang warga, Sabtu (21/11). Waspada/ME Ginting

MEDAN (Waspada): Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Medan membuka pelayanan perekaman KTP elektronik setiap hari Sabtu, mulai pukul 08:00 hingga 12:00 wib, khusus penduduk pemula (memasuki usia 17 tahun) di 21 kecamatan.

Sedangkan hari biasa, mulai Senin-Jumat pelayanan perekaman KTP elektronik (e-KTP) dibuka sampai jam 21:00 malam di kecamatan masing-masing.

“Hal ini kita lakukan dalam rangka percepatan kepemilikan KTP elektronik khususnya bagi penduduk pemula yang memasuki usia 17 tahun,” kata Kepala Disdukcapil Kota Medan Zulkarnain, Minggu (22/11).

Dikatakan Zulkarnain, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh unsur kecamatan, kelurahan dan kepala lingkungan agar dapat membantu mengimbau warga yang belum memiliki e-KTP untuk melakukan perekaman.

“Nantinya sesuai dengan SOP KTP yang sudah dicetak akan didistribusikan kepada pemohon melalui masing-masing kecamatan sehingga tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil,” imbuhnya.

Dia mengharapkan, dengan sosialisasi yang terus menerus dilakukan di berbagai media cetak dan elektronik, Sosmed, spanduk, imbauan langsung melalui Kepling, maka seluruh masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik mau menyempatkan waktunya untuk memohonkan e-KTP-nya acara tepat waktu.

“Sedangkan KTP yang hilang, rusak atau perubahan data, cukup dimohonkan melalui pelayanan daring (SIBISA). Bila masyarakat seluruhnya telah memiliki KTP elektronik tentunya menjadi mudah dan lancar menggunakan hak pilihnya nanti tanggal 9 Desember 2020 dalam Pilkada Medan,” harapnya.

Sebagaimana diketahui syarat yang harus dibawa dalam pemberian suara di TPS sesuai ketetapan KPU adalah KTP elektronik.

“Kita berharap nanti jangan ada alasan tidak dapat menggunakan hak suara karena belum memiliki KTP elektronik, Disdukcapil siap melayani semua permohonan KTP masyarakat sebab ketersediaan blanko KTP elektronik sangat mencukupi bahkan sampai akhir tahun,” ujarnya.

Dia kembali menegaskan, Disdukcapil Medan tidak menerbitkan surat keterangan (Suket).

“Kita tidak menerbitkan Suket sebab blangko KTP saat ini tersedia mencukupi. Jadi yuk berpartisipasi dalam Pilkada Medan dengan memiliki KTP elektronik sebagaimana mestinya, Disdukcapil Kota Medan siap melayani tanpa calo. Jadi pelayanan di luar jam kerja sudah kita mulai,” tambahnya. (m26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2