Waspada
Waspada » Diperlukan Berdakwah Kampanye Lingkungan Hidup
Headlines Medan

Diperlukan Berdakwah Kampanye Lingkungan Hidup

KETUA Komisi Sosial, Lingkungan Hidup dan SDA MUI Sumatera Utara, Dr H Abdul Hamid Ritonga memaparkan pentingnya peduli Lingkungan Hidup. Waspada/Anum Saskia
KETUA Komisi Sosial, Lingkungan Hidup dan SDA MUI Sumatera Utara, Dr H Abdul Hamid Ritonga memaparkan pentingnya peduli Lingkungan Hidup. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada): Diperlukan kesertaan ulama dalam kampanye lingkungan hidup dengan cara berdakwah, hal itu guna ikut serta dalam pelestarian lingkungan.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Umum DP Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara Dr H Ardiansyah Lc, MA, ketika membuka kegiatan pemuliaan lingkungan hidup, sumber daya alam dan kependudukan di aula DP-MUI Sumatera Utara, Kamis (3/9).

Sebab kata dia ikut aktif mengkampanyekan pelestarian lingkungan hidup demi kemashlahatan kehidupan seluruh masyarakat bagian dari amal ibadah.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam beberapa hadis Nabi mengisyaratkan kepada umat untuk selalu menanam pohon sebagai bagian dari perbuatan terpuji kepada sesama manusia.

Sebab ada banyak kebaikan dengan menanam pohon tersebut dan bukan hanya untuk manusia tapi juga kepada hewan dan alam.

Dalam penjelasannya Sekretaris Umum MUI juga mengajak kepada ulama untuk menjadikan dakwah menyelamatkan lingkungan hidup sebagai salah satu isu utama yang disampaikan dengan berbagai pendekatan ilmu agama, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bingkai ajaran Islam.

Sementara Ketua Komisi Sosial, Lingkungan Hidup dan SDA MUI Sumatera Utara Dr H Abdul Hamid Ritonga didampingi Ketua Panitia Drs H Taufiqurrahman menyampaikan kegiatan merupakan bagian dari pembinaan serta meningkatkan kesadaran kepada umat untuk aktif menjaga kelestarian lingkungan.

“Kelestarian alam itu sangat penting sebab akan diwariskan kepada anak cucu kita,” kata Ritonga.

Sebagai nara sumber pada kegiatan itu adalah Wakil Ketua Umum MUI Sumatera Utara Dr H Maratua Simanjuntak mewakili Dinas Lingkungan Hidup Sumut dan Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan diwakili Sukarni MM. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2