Dinamika Positif USU & Alumni

  • Bagikan

Oleh Suwardi Lubis         

Dengan adanya political will yang tinggi para pimpinan USU untuk mengelola sinergitas dengan para alumni, merupakan modal penting. Cita-cita USU untuk menjadi world class university akan semakin mendapatkan jalannya. Karena dinamika positif USU dengan para alumni USU adalah hal yang niscaya akan menjadi faktor pengembang yang krusial

Secara defenisi, alumni diartikan sebagai orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Keberadaannya adalah bagian dari suatu sistem pendidikan menuntut adanya output dan outcome sebagai sub sistemnya. Pengertian ini memiliki konsukuensi logis secara formal dan secara moral.

Di era pendidikan modern, pengelolaan alumni sebagai sebuah produk hasil lembaga pendidikan sangat penting, tidak saja bagi perguruan tinggi itu sendiri, tetapi juga bagi masyarakat yang menjadi stakeholders perguruan tinggi. Manfaat bagi perguruan tinggi, seperti program kegiatan, akreditasi maupun pendanaan dan lain-lain.

Sedangkan bagi bagi stakeholders perguruan tinggi, sinergitas dan dinamika positif antara perguruan tinggi dengan para alumninya juga sangat penting. Karena semakin maju dan berkembang sebuah perguruan tinggi, semakin masyarakat memiliki kebanggaan dan kepercayaan dalam urusan akademis terhadap suatu perguruan tinggi.

Karena itu kemudian, buku yang ditulis oleh Halard Schoumberg (2003) yang berjudul Handbook for Gruadate Tracer Studies : Center For Research on Higher Education and Work menjadi penting ketika membahas persoalan alumni. Warga berkebangsaan Jerman ini dalam bukunya membahas dan menguraikan masalah pengelolaan alumni perguruan tinggi.

Dia menekankan beberapa kontribusi alumni terhadap perguruan tinggi. Seperti peran alumni dalam memberikan umpan balik dalam penyusunan kurikulum. Di samping itu alumni juga potensial sebagai sumber informasi yang berharga dalam rangka melakukan gevaluasi hasil pendidikan, dan pengajaran pendidikan tinggi

Senada dengan Jim Mullally (2016), ia juga meyakini bahwa alumni adalah potensi besar yang dapat dimanfaatkan membantu pengembangan perguruan tinggi. Dinamika positif antara alumni dengan perguruan tinggi yang dapat dijalin dengan baik, maka akan bergulir seperti bola salju yang kain lama kian besar.

Berbagai metode sinergitas bisa dikembangkan seperti role model, mentor karir, menularkan keahlian, akses pengembangan professional, perekrutan mahasiswa, penggalangan dana serta peningkatan reputasi lembaga. Para alumni yang telah memiliki karir yang bagus dalam pekerjaan ataupun usahanya, dapat menjadi pendukung berbagai program kegiatan perguruan tinggi.

Dinamika Positif USU Dan Alumni

Baru-baru ini para alumni Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pertemuan. Hal ini tentu sesuatu yang positif untuk semakin meningkatkan peran serta para alumi USU dalam pengembangan USU ke depan. Berbagai potensi alumni dapat dikumpulkan dan bersinergi membentuk suatu kekuatan yang sangat bermanfaat.

Peran yang dapat dimainkan para alumni bagi pengembangan USU di antaranya: sebagai role model. Para alumni yang telah berkiprah di berbagai sektor, tentu memiliki kelebihan pengalaman dalam bidangnya. Tidak kalah pentingnya adalah persoalan pengembangan diri dan karakter dalam menjalani karirnya. Hal seperti ini akan dapat membantu kepercayaan diri, motivasi dan menanamkan budaya yang benar bagi para mahasiswa.

Sebagai mentor dalam karir, para alumni dapat berperan sebagai rujukan untuk para mahasiswa dalam rangka memenuhi kebutuhan dalam mendapatkan pekerjaan pada bidang yang diminati. Alumni juga dapat berperan sebagai channel bagi para mahasiswa ataupun fresh graduate untuk berkiprah di masyarakat.

Menularkan keahlian. Para alumni juga dapat menularkan keahlian kepada para mahasiswa sebagai wujud kontribusi dalam pekerjaan mereka dalam rangka mengembangkan program studi perguruan tinggi. Alumni dapat berperan sebagai dosen tamu, penasihat komite, dan mitra kerja sama dalam program-program universitas.

Para alumni juga dapat menjadi akses pengembangan professional. Karena para alumni yang telah sukses dapat menjadi media paling efektif bagi adik-adik kelasnya yang menjadi alumni yang lebih muda. Para alumni yang telah sukses dan memperoleh pengakuan dari masyarakat berpotensi menciptakan jaringan lebih kuat yang pada gilirannya, akan membantu alumni muda mengakses peluang dalam meningkatkan karir dan profesionalisme.

Dalam hal perekrutan mahasiswa, para alumni berperan dapat meningkatkan posisinya mendorong meningkat dan berkembangnya mahasiswa baru. Selain itu para alumni juga dapat menunjukkan cara bergabung dengan bidang setelah selesai studi. Pengalaman serta identitas kesuksesan dan keberhasilan alumni dalam karir mereka dapat menjadi faktor penting bagi mahasiswa baru untuk menjatuhkan pilihan perguruan tinggi tempat melanjutkan jenjang pendidikan.

Dalam hal pengumpulkan dana, para alumni baik secara personal maupun secara kelembagaan seperti ikatan alumni yang telah memiliki tingkat ekonomi yang lebih mapan dapat mengurangi beban keuangan mahasiswa yang kurang mampu. Para alumni dapat menggagas penghimpunan dana untuk beasiswa, ataupun berbagai program dalam pengembangan perguruan tinggi.

Dalam hal mendukung reputasi lembaga, keberadaan para alumni yang sukses dengan sendirinya menjadi “stemple” bagi kualitas dan efektivitas tridharma perguruan tinggi perguruan tinggi, yang dalam hal ini di USU, yakni program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Semakin berpengaruh posisi alumni dalam pekerjaan mereka, semakin tinggi pengakuan masyarakat terhadap universitas.

Penutup

Beberapa peran dan lingkup peran alumni untuk mengembangkan perguruan tinggi tersebut searah dengan kebijakan Badan Akdreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Peran para alumni USU sangat mungkin dikembangkan untuk menciptakan dinamika yang positif dalam rangka kemajuan USU di masa depan.

Dengan adanya political will yang tinggi para pimpinan USU untuk mengelola sinergitas dengan para alumni, merupakan modal penting. Cita-cita USU untuk menjadi world class university akan semakin mendapatkan jalannya.

Karena itu memberdayakan para alumni kemudian menjadi kalimat yang perlu menjadi perhatian. Peningkatan dan pemanfaatan potensi para alumni ini akan menjadi penting sekali. Karena dinamika positif USU dengan para alumni USU adalah hal yang niscaya akan menjadi faktor pengembang yang krusial.

Penulis adalah Guru Besar Fisip USU.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.