Waspada
Waspada » Diimbau Segera Cetak e-KTP
Aceh Headlines

Diimbau Segera Cetak e-KTP

PENGURUSAN KTP pemula mengambil sidik jari saat melakukan perekaman di Kantor Disdukcapil Aceh Singkil, Selasa (10/3). Waspada/Arief
PENGURUSAN KTP pemula mengambil sidik jari saat melakukan perekaman di Kantor Disdukcapil Aceh Singkil, Selasa (10/3). Waspada/Arief

SINGKIL (Waspada): Diperkirakan berjumlah 1.032 lembar pemegang hasil cetak surat keterangan (Suket) yang dikeluarkan Disdukcapil Aceh Singkil, harus segera melakukan perekaman untuk cetak KTP elektronik.

Kadis Dukcapil mengimbau masyarakat agar segera mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), dengan menukarkan Surat Keterangan (Suket) karena stok blanko e-KTP sudah tersedia, kata Yakub Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Aceh Singkil saat ditemui Waspada diruang kerjanya, Selasa (10/3).

Yakub mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengintruksikan kabupaten/kota tidak lagi diperbolehkan mengeluarkan identitas kependudukan dengan Surat Keterangan (Suket).

“Segera cetak KTP, yang belum punya e-KTP, bawa Suket atau KK dan datang sendiri, baik yang rusak. Yang hilang harus bawa surat laporan kehilangan dari Kepolisian,” ucap Yakub.

Dijelaskannya, sebanyak 4.000 blangko e-KTP untuk jatah Aceh Singkil, sudah didistribusikan Direktorat Jendral (Dirjen) Kementerian Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) awal Februari 2019.

Dari jumlah blangko yang ada diperkirakan sudah terpakai sebanyak 3.000 lembar blangko. Sehingga sisanya mencukupi untuk cetak e-KTP, pemegang Suket.

“Jika stok blangko tidak mencukupi bisa segera berkoordinasi ke Banda Aceh untuk segera dikirim kekurangannya.

Yakub juga menghimbau agar warga yang hendak mencetak e-KTP harus datang langsung dengan membawa Suket atau kartu keluarga (KK), tanpa dipungut biaya alias gratis. (Cah)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2