Waspada
Waspada » Di Nagan Raya, Kawanan Gajah Obrak-abrik Kebun Warga
Aceh Headlines

Di Nagan Raya, Kawanan Gajah Obrak-abrik Kebun Warga

KEBUN warga diobrak-abrik kawanan gajah di Desa Blang Teungku, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Jum’at (22/1). Waspada/Muji Burrahman
KEBUN warga diobrak-abrik kawanan gajah di Desa Blang Teungku, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Jum’at (22/1). Waspada/Muji Burrahman

NAGAN RAYA (Waspada): Kawanan gajah liar masuk perkampungan dan mengobrak-abrik kebun warga di Desa Blang Teungku, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Jumat (22/1).

Gajah ganas yang meresahkan itu memaksa warga setempat harus bersiaga dan waspada saat malam tiba, dikarenakan kebun menjadi sasaran gajah liar tersebut.

Gajah kerap masuk permukiman warga tengah malam dan merusak semua hasil perkebunan warga seperti sawit, sayur, pohon kelapa dan sebagainya.

Masyarakat berharap agar pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA Aceh) dapat membangun posko di Desa Blang Teungku di lintasan rawan gajah yang menuju ke desa.

“Sehingga masyarakat aman dalam melakukan aktivitas,’’ harap Kades Blang Teungku Samsirman.

Camat Seunagan Timur Okta Umran mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan BKSDA untuk menangani gajah tersebut, karena masyarakat setempat sudah jenuh memakai mercon dan gajah liar tetap masuk ke perkampungan warga setempat.

“Sudah kita undang pihak BKSDA dan langsung melakukan koordinasi dengan Pemerintah agar masalah ini dapat teratasi,’’ kata Camat Okta kepada Waspada Jum’at (22/1).

Sementara Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto dikonfirmasi Waspada menyebutkan, sudah ada tim di lapangan untuk menghalau dan mengiring gajah tersebut.

Petugas sudah melakukan respon konflik gajah dan masyarakat tersebut.

“Untuk saat ini tim kita dari resort kemudian tim kru sudah mendatangi lokasi dan juga sudah berkoordinasi dengan aparatur desa tersebut untuk melakukan penghalauan maupun pengiringan gajah,” ungkapnya. (b22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2