Waspada
Waspada » Deliserdang “Borong” Penghargaan Adiwiyata
Headlines

Deliserdang “Borong” Penghargaan Adiwiyata

SEKDAPROV Sumut, Sabrina, Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar,  Kepala Dinas Pendidikan, H. Timur Tumanggor dan pejabat lainnya berfoto bersama usai acara penyerahan penghargaan Adiwiyata. Waspada/Edward Limbong
SEKDAPROV Sumut, Sabrina, Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar,  Kepala Dinas Pendidikan, H. Timur Tumanggor dan pejabat lainnya berfoto bersama usai acara penyerahan penghargaan Adiwiyata. Waspada/Edward Limbong

DELISERDANG (Waspada): Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang “memborong” terbanyak menerima penghargaan dalam ajang sekolah Adiwiyata tahun 2019 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Karena itu, Wakil Bupati Deliserdang (Wabup) HM Ali Yusuf Siregar menyebutkan, Adiwiyata telah banyak memberi dampak positif, sebab semakin banyaknya warga sekolah peduli lingkungan.

Penghargaan bergengsi tersebut di serahkan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melalui Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut, Sabrina, pada kegiatan penyerahan penghargaan Adiwiyata Provinsi Sumut tahun 2019 kepada 7 Kabupaten/Kota,  di Aula Cendana, Pemkab Deliserdang, Senin (24/2).

Adapun penerima penghargaan Adiwiyata sebanyak 7 Kabupaten/kota tersebut, terdiri dari Kabupaten Deliserdang sebanyak 79 sekolah (terbanyak menerima penghargaan), Kabupaten langkat 1 sekolah, Kota Medan 14 sekolah, Kota Binjai 5 sekolah, Kabupaten Tapanuli Utara 13 sekolah, Kabupaten Tapanuli Tengah 31 sekolah dan Kabupaten Tapanuli Selatan 3 sekolah.

Sekdaprov Sumut, Sabrina dalam kesempatannya mengatakan, penghargaan Adiwiyata bukanlah tujuan akhir, tapi merupakan bentuk cerminan komitmen yang kuat dari semua unsur dalam dunia pendidikan.

“Sekolah Adiwiyata diharapkan dapat menghadapi anak-anak didik yang berkarakter, peduli dan berbudaya lingkungan serta berprestasi dalam akademik. Sehingga terwujud generasi yang unggul untuk Sumatera Utara maju dan bermartabat,” katanya.

Selain itu,  Sabrina juga menyebutkan, penghargaan tersebut diharapkan dapat meningkatkan tanggung jawab Kepala Sekolah dan jajarannya untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas untuk mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

“Saya juga menghimbau sekaligus mengharapkan agar program Adiwiyata terus dapat mendorong peningkatan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah,” sebutnya.

“Dan mampu memberikan kontribusi berupa pengurangan timbulan sampah melalui pengelolaan sampah dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman, lubang biopori dan sumur resapan serta melakukan penghematan penggunaan listrik dan air,” tambah Sabrina.

Sedangkan Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mengakui, bahwa program Adiwiyata ditujukan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya melestarikan lingkungan, yang diwujudkan melalui pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.

“Kita patut bersyukur, karena sejak digulirkannya program adiwiyata ini, telah banyak memberi dampak positif, hal ini dapat terlihat dari semakin banyaknya warga sekolah yang peduli  terhadap lingkungan,” ungkapnya.

Pemprovsu, sebut Yusuf, menyerahkan penghargaan Adiwiyata kepada 145 sekolah yang ada di Sumut, yang termasuk didalamnya adalah dari Kabupaten Deliserdang.

Kata, Yusuf penghargaan Adiwiyata ini adalah bentuk pengakuan, karena 145 sekolah yang menerima penghargaan hari ini, dinilai telah memenuhi persyaratan dan kriterianya.

“Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yang telah memilih Kabupaten Deliserdang, sebagai tuan rumah penyerahan penghargaan Adiwiyata ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan, H. Timur Tumanggor mengucapkan, kepada sekolah sekolah yang telah berpartisipasi.

Prestasi itu katanya, sangat membanggakan, sebab Kabupaten Deliserdang peraih penghargaan Adiwiyata terbanyak di Provinsi Sumut.

“Alhamdulillah kita yang terbanyak. Adiwiyata ini bersentuhan langsung dengan program bapak Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan  dan Wakil Bupati Deliserdang HM. Ali Yusuf Siregar yakni program Bersih, Rapi, Sejuk dan Indah (Berserih),” sebutnya.

Timur juga menyebutkan, sebelumnya Kabupaten Deliserdang juga telah menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri dengan jumlah terbanyak dari Sumut, secara berkesinambungan.

Untuk itu, Timur berharap kedepannya sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Deliserdang dapat mempertahankan dan juga meningkatkan atas penghargaan Adiwiyata tersebut.

“Kedepannya kita berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan. Artinya, memang Adiwiyata itukan langsung bersinggungan dengan lingkungan dari mulai kebersihan hingga keindahan,” harapnya. (cel/a06)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2