Waspada
Waspada » Dana BLT DD Tidak Boleh Dipotong Aparatur Gampong
Aceh Headlines

Dana BLT DD Tidak Boleh Dipotong Aparatur Gampong

GEUCHIK Gampong Batee Puteh, Zulfizam Z, didampingi Kepala DPMG Kota Langsa, Al-Azmi SST MAP, saat penyaluran BLT DD di Kantor Geuchik setempat, Selasa (9/6). Waspada/dede
GEUCHIK Gampong Batee Puteh, Zulfizam Z, didampingi Kepala DPMG Kota Langsa, Al-Azmi SST MAP, saat penyaluran BLT DD di Kantor Geuchik setempat, Selasa (9/6). Waspada/dede

LANGSA (Waspada): Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk tahun anggaran 2020 yang telah digelontorkan oleh Pemerintah Gampong kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) jangan sampai dipotong oleh pihak-pihak tertentu maupun aparatur Gampong.

“Kami wanti-wanti sangat kepada semua pihak termasuk aparatur Gampong jangan sampai memotong atau ‘sunat’ BLT DD yang tengah disalurkan oleh Pemerintah Gampong,” tegas Kepala DPMG Kota Langsa, Al-Azmi SSTP MAP, saat menyalurkan secara simbolis di Gampong Batee Puteh, Kec. Langsa Lama, Selasa (9/6)

Lanjutnya, jangan sampai ada info maupun isu adanya pemotongan dana BLT DD, karena memang dana tersebut diperuntukan bagi warga miskin yang memang sangat membutuhkan atas dampak Covid 19.

Dia jelas lagi oleh, Al-Azmi, bahwa sebaliknya juga pihak penerima jangan pernah memberikan gratifikasi apapun dan dalam bentuk apa saja kepada para pihak termasuk aparatur Gampong.

“Kita mewanti-mewanti jangan pernah memberi apapun kepada aparatur Gampong apakah itu uang rokok maupun uang kopi, dan kepada warga penerima BLT DD jangan pernah memberikan apapun kepada aparatur Gampong,” sergahnya.

Apabila kedapatan dan ada bukti maka pihaknya akan memberikan sangsi berat dan bisa saja dipecat dari aparatur Gampong serta menjalani proses hukum yang berlaku.

“Kita minta semua pihak dapat memantau penyaluran BLT DD, dan kepada para Pendamping Desa juga jangan sungkan memberikan laporan apabila ada diketemukan pemotongan BLT DD disetiap Gampong dampingannya,” pintanya.

Disamping itu juga, ia katakan lagi bahwa dalam dua hari ini diharapkan semua Gampong dalam wilayah Kota Langsa agar dapat menyelesaikan penyaluran BLT DD untuk tahap awal kepada warga adapun data yang hingga saat ini ada 47 Gampong sudah menyalurkan BLT DD nya, 17 Gampong sudah masuk data penerimanya di Bank, sementara 2 Gampong lagi yang sisa masih dalam finalisasi data penerima.

Camat Langsa Lama, H Zakaria SE, berharap dengan adanya BLT DD ini masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin dan kiranya berdaya guna bagi kelangsungan ekonomi warga.

“Jangan berpoya-poya atas bantuan dari Gampong, namun maksimalkanlah kegunaannya sebagai penopang ekonomi dalam menghadapi dampak Covid 19 ini,” papar H Zakaria.

Sementara itu Geuchik Gampong Batee Puteh, Kec. Langsa Lama, Zulfizam Z, mengatakan bahwa telah menyalurkan sebanyak 96 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp600 ribu untuk warga miskin di Gampongnya.

Adapun harapan, Zulfizam, dengan adanya pemberian BLT DD kepada warga seyogianya dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok makanan dalam menghadapi Pandemic Covid 19 saat ini yang masih saja membayangi.

“Gunakan seperlunya dan kalau memungkinkan sisihkan sedikit sebagai upaya menghidupi keluarga untuk kebutuhan pokok maupun kebutuhan yang memang sangat dibutuhkan,” ucap Zulfizam.

Pemerintah Gampong saat ini sudah menjalankan perintah Pemerintah pusat agar menyalurkan dana BLT DD kepada segenap warga miskin dan sesuai PMK No. 50 tahun 2020. Dan terimakasih kepada segenap jajaran aparatur Gampong, Tuha Peut, tokoh masyarakat serta PLD dan PD.

“Ketetapan penerima sudah sesuai hasil Musdessus di Gampong, semoga BLT DD bermanfaat pada warga yang kurang mampu dan menjadi berkah,” imbuhnya.

Koordinator Tenaga Ahli (TA) P3MD Kota Langsa, Martunis Affan, didampingi PD dan PLD menyatakan agar sekiranya dana BLT DD ini digunakan dengan baik, jangan hanya penggunaaannya secara konsumtif minimal bisa sebagai modal usaha. (b13)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2