Waspada
Waspada » Chloe Zhao, Sutradara Perempuan Asia Pertama Yang Menangi Oscar
Headlines Hiburan

Chloe Zhao, Sutradara Perempuan Asia Pertama Yang Menangi Oscar

Chloe Zhao mencatatkan dirinya sebagai perempuan Asia pertama sepanjang sejarah Academy Awards yang memenangi piala Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik dalam pagelaran yang diselenggarakan di Union Station, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (26/4/2021) waktu setempat. AP

LOS ANGELES, AS (Waspada): Chloe Zhao mencatatkan dirinya sebagai perempuan Asia pertama sepanjang sejarah Academy Awards yang memenangi piala Oscar untuk kategori Sutradara Terbaik dalam pagelaran yang diselenggarakan di Union Station, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (26/4/2021) waktu setempat.

Piala sutradara terbaik yang merupakan salah satu kategori paling bergengsi. Zhao memenangi piala berkat film Nomadland, yang juga menjadi salah satu film paling sukses dalam ajang Academy Awards ke-93.

“Ini untuk siapa saja yang memiliki keyakinan dan keberanian untuk berpegang pada kebaikan dalam dirinya sendiri, dan untuk mempertahankan kebaikan dalam diri satu sama lain.” ujar Chloe Zhao dalam pidato kemenangannya.

Ia berhasil mengalahkan Lee Isaac Chung (Minari) yang sempat menjadi perbincangan. Tiga sutradara lain yang turut ia kalahkan adalah Thomas Vinterberg (Another Round), David Fincher (Mank), dan Emerald Fennell (Promising Young Woman). Pada Oscar 2021, ia juga dinominasikan di dua kategori lainnya, yaitu Best Adapted Screenplay, dan Best Achievement in Film Editing.

Kemenangan Zhao dibacakan oleh sutradara Bong Joon-ho, sutradara film Parasite (2019). Pada Oscar 2019 Parasite berhasil membawa empat piala Oscar, salah satunya adalah sutradara terbaik.

Selain keluar sebagai sutradara terbaik di ajang Oscar 2021, Chloé Zhao juga dinobatkan sebagai sutradara terbaik di Golden Globes tahun ini. Dengan kemenangan ini, Zhao resmi menjadi sutradara perempuan pertama keturunan Asia yang menerima Golden Globe.

Nomadland diadaptasi dari buku non-fiksi bertajuk Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century karya Jessica Bruder. Film ini tayang perdana pada 11 September 2020 di Festival Film Venesia dan memenangkan penghargaan Golden Lion. (ap/m11)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2