Cegah Ancaman Kepunahan, Bupati Tapsel Lepas Ratusan Penyu

  • Bagikan
BUPATI Tapsel, Dolly Pasaribu dan Ketua TP PKK, Rosalina Dolly Pasaribu bersama tim konservasi saat melepas anak penyu di Kawasan Pantai Muara Opu. Waspada/Ist
BUPATI Tapsel, Dolly Pasaribu dan Ketua TP PKK, Rosalina Dolly Pasaribu bersama tim konservasi saat melepas anak penyu di Kawasan Pantai Muara Opu. Waspada/Ist

TAPSEL (Waspada): mencegah ancaman kepunahan hewan yang mulai langka, Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu bersama Ketua TP PKK Ny Rosalina Dolly Pasaribu lepas ratusan tukik (anak penyu) jenis Penyu Lekang atau Penyu Abu-abu (lepidochelys olivacea) di di Pantai Muara Opu, Kecamatan Muara Batang Toru, Minggu (5/12).

Dalam acara pelestarian penyu itu, Bupati mengatakan warga Tapsel patut bersyukur karena biodata hewan yang mulai langka tersebut masih ada dan masih berkembang biak di Pantai Muara Opu yang merupakan satu satu pantai yang dimiliki Tapsel

Katanya, enam dari tujuh spesies penyu yang tersisa di , ada di Indonesia. Keenam spesies penyu yang ada di Indonesia antara lain penyu belimbing (Dermochelis coriacea), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu tempayan (Caretta caretta), penyu pipih (Natator depressa), penyu sisik (Eretmochelys imbricate), dan penyu lekang atau penyu abu-abu (Lepidochelys olivacea).

“Dari 6 jenis penyu yang ada di negeri kita itu, dua diantaranya ada di Pantai Muara Opu, yakni Penyu Belimbing dan Penyu Lekang atau Penyu Abu-abu,” terang Dolly.

Menurut Bupati, kelestarian penyu harus terjaga agar ekosistem laut yang lebih sehat dan keseimbangan lingkungan di pesisir pantai maupun laut sepanjang 17 KM yang di miliki Tapsel tersebut dapat terjaga dengan baik.

“Semoga dengan kegiatan ini, kita dapat termotivasi untuk merawat alam, yang kita pinjam dari anak cucu. Yakin lah, suatu saat nanti, kita kembalikan untuk sebesar manfaat bagi mereka,” ujar Dolly. (a31)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *