Waspada
Waspada » Capai 1 Juta Kasus, Menkes Ajak Masyarakat Makin Disiplin Laksanakan Prokes 3M
Headlines

Capai 1 Juta Kasus, Menkes Ajak Masyarakat Makin Disiplin Laksanakan Prokes 3M

Menkes Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA (Waspada):Kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia per Selasa (26/1) sudah masuk di angka 1.012.350 dengan bertambahnya 13.094 kasus sejak 24 jam terakhir.

Dari jumlah kasus sebanyak itu, 28.468 orang diantaranya meninggal dunia, setelah ada penambahan 336 orang.

Sementara sebanyak 820.356 orang dinyatakan sembuh, dengan angka penambahan 10.868 kasus per Selasa (26/1).

Menkes Budi Gunadi Sadikin (BGS) mengatakan, angka Covid-19 yang  tembus 1 juta ini memiliki makna dua hal yang harus disadari.

“Angka ini membuat kita merenung dan ada dua momen yang harus kita sadari,” ujarnya dalam keterangan pers terkait penularan Covid-19 yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1).

Pertama, ini saatnya kita berduka, karena ada banyak saudara, teman dekat dan kerabat  yang meninggal dunia akibat tertular Covid-19. Ada juga lebih dari 600 tenaga kesehatan meninggal dunia.

“Ada rasa duka mendalam dari pemerintah, dari seluruh rakyat Indonesia atas angka satu juta ini ,” kata BGS, dalam jumpa pers di Istana Presiden, Selasa (26/1).

Momen kedua, adalah berupaya untuk terus membangkitkan semangat mengeliminasi penularan. Caranya adalah dengan bekerja ekstra keras untuk mengalakkan gerakan disiplin memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak atau 3M.

“Kerja keras kita dengan disiplin menjalankan 3M ini adalah cara paling ampuh menghentikan laju penularan. Kita  juga harus sadar bahwa kita harus terus bekerja sangat keras, supaya pengorbanan yang dilakukan rekan-rekan kita, khususnya tenaga kesehatan, itu tidak sia-sia,” imbuh menkes. 

Ahli epidemi mengatakan, tidak ada jalan lain selain mengurangi laju penularan virus. Sehingga, beban fasilitas kesehatan tidak terlalu berat.

Menkes BGS menyadari kalau menjalankan protokol kesehatan 3M ini sangat sulit. Lebih dari itu,  tidak dapat dilakukan seorang diri. Tanpa keikutsertaan seluruh komponen bangsa dalam membangun gerakan disiplin ini, sulit untuk menghilangkan pandemi.

Kehidupan sebelum dan sesudah pandemi akan berbeda. Kini kita harus mengingatkan diri sendiri, keluarga dan teman dan lingkungan agar disiplin melaksanakan 3M.

Hal kedua adalah dengan melakukan testing, tracing dan isolasi mandiri. Tiga hal ini adalah tanggung jawab Kementerian Kesehatan agar yang diduga positif dapat dites. Juga melakukan pelacakan terhadap kontak erat agar laju penularan dapat ditahan.  Di sisi lain, tempat isolasi juga harus disediakan dan dijadikan sebagai tempat yang nyaman supaya masyarakat yang terkena virus lekas sembuh.

Menkes meyakini bangsa Indonesia memiliki modal sosial yang sangat besar untuk bersama-sama melakukan upaya penghentian laju penularan Covid-19 .

“Semoga ke depannya, Bangsa Indonesia jauh lebuh baik lagi,”pungkas menkes.(J02)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2