Waspada
Waspada » Bupati Tapsel Terima Penghargaan Dari Menteri Keuangan
Headlines Sumut

Bupati Tapsel Terima Penghargaan Dari Menteri Keuangan

BUPATI Tapsel Syahrul M Pasaribu (tengah) mengikuti Rakernas dan menerima penghargaan dari Menkeu lewat aplikasi webinar. Waspada/Ist
BUPATI Tapsel Syahrul M Pasaribu (tengah) mengikuti Rakernas dan menerima penghargaan dari Menkeu lewat aplikasi webinar. Waspada/Ist

TAPSEL (Waspada): Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu terima penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, karena sukses meraih opini Wajar Tanpa Pegecualian (WTP) lima kali secara berturut, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019.

Penghargaan diserahkan lewat sambungan video conference Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020.

Bupati Tapsel mengikuti Rakernas dari ruang kerjanya dan Menteri Keuangan dari Jakarta, Rabu (23/9).

Bupati Syahrul M Pasaribu mengatakan, jika dihitung dari tahun 2014, sesungguhnya laporan keuangan daerah Pemkab Tapsel sudah enam kali berturut meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia.

Namun pada Rakernas ini, yang dihitung dan menerima penghargaan adalah kategori 10 tahun (2010-2019), lima tahun (2015-2019), peraih WTP tahun 2019, dan penghargaan atas pengelolaan aset atau Barang Milik Negara (BMN Award) tahun 2020.

Syahrul menegaskan, penghargaan ini merupakan buah hasil kerjasama dan kerja keras semua jajaran pemerintah daerah. Sehingga mampu melaporkan pengelolaan keuangan dengan tepat waktu dan sesuai aturan undang-undang.

“Raihan opini WTP yang sesungguhnya enam kali secara berturut ini juga tidak lepas dari dukung semua komponen daerah. Seperti DPRD Tapsel, Forkopimda dan semua pihak yang menggunakan anggaran Pemkab Tapsel,” terang Syahrul

Lewat aplikasi webiner, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indarawati menjelaskan bahwa tema Rakernas ini adalah ‘Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional’.

Tema ini sangat mengena dengan keadaan bangsa kita saat ini.

Semua pihak sedang menghadapi pandemi yang juga merupakan tantang global.

Sehingga harus ada upaya memulihkan kesehatan masyarakat dan perekonomian nasional.

“Pada kesempatan ini saya beri penghargaan dan apresiasi kepada semua pihak yang telah melakukan sinergi kuat dalam menyujudkan pertanggungjawaban keuangan negara secara propesional, akuntabel dan transparan. Sinergi ini harus terus di tingkatkan,” katanya.

Kepada pemerintah negara, lembaga dan pemerintah daerah yang belum meraih WTP, diharap segera menyelesaikan berbagai temuan dan menindak lanjuti rekomendasi BPK RI secara bersunguh-sungguh dan konprehensif.

Di Sumatera Utara ada lima daerah peraih WTP lima kali berturut, Pemprov Sumut, Pemkab Tapsel, Pemkab Dairi, Pemkab Labuhanbatu Selatan, Pemkab Tapanuli Utara. (a05)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2