Bupati Dosmar: Gunakan Hak Pilih Dengan Baik - Waspada

Bupati Dosmar: Gunakan Hak Pilih Dengan Baik
Pilkades Serentak Di Humbahas

  • Bagikan

DOLOKSANGGUL (Waspada): Perhelatan pesta demokrasi, pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak di 85 desa Se-Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut), dilaksanakan hari ini, Senin (22/11).

Dalam gelaran politik tingkat desa itu, Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor (foto) mengimbau masyarakat menggunakan hak pilih dengan baik dan benar tanpa ada intervensi atau iming dari salah satu kandidat.

“Dalam Pilkades, kita mengimbau masyarakat menggunakan hak pilih dengan baik dan benar serta menjaga kekondusifan di desa masing-masing. Pilihan kepada salah satu calon hendaknya berdasarkan visi-misi kemajuan yang ditawarkan oleh kandidat cakades,” kata Dosmar kepada Waspada melalui selulernya, Senin (22/11).

Ia mengatakan, bahwa Pilkades merupakan awal untuk membangun dari desa. Untuk itu semua pihak, para pemangku kepentingan harus mendukung kesuksesan pelaksanaan Pilkades serentak di daerah itu.

Senada juga disampaikan, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Perlindungan Anak dan Perempuan (PMDP2A) Humbahas, Binsar Marbun. Pilkades hari ini, diharapkan berjalan dengan baik.

“Siapapun yang terpilih menjadi kepala desa, itulah yang terbaik. Mari kita dukung untuk memberikan pelayanan terbaik demi kemajuan desa,” pinta Binsar.

Mantan Camat Tarabintang itu menguraikan, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilkades serentak tahun 2021, sebanyak 71.525 tersebar di 181 TPS, 85 desa. Kandidat cakades terdiri dari 225 orang.    

Terkait sengketa, hasil pemilihan yang tidak bisa diterima kandidat, mekanismenya agar diselesaikan terlebih dahulu di tingkat PPKD (Panitia Pemilihan Kepala Desa). Kalau tidak menemukan hasil atau tidak bisa diselesaikan di desa, selanjutnya dibawa ke kecamatan setempat dan kabupaten. “Hasil akhir, sengketa akan diputuskan di kabupaten,” terangnya.

Sementara untuk tindak pidana, diberikan kepada pihak berwenang. “Untuk pidana atas Pilkades serentak kita sampaikan kepada pihak berwajib untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan hukum. Pun demikian, dalam Pilkades serentak, kita tidak mengharapkan sengketa ataupun pidana. Untuk itu marilah kita saling menjaga dan mendukung suksesnya Pilkades serentak tahun 2021,” singkat Binsar. (cas)

  • Bagikan