Waspada
Waspada » Bupati Dan Wabup Sergai Dilantik Langsung
Headlines Sumut

Bupati Dan Wabup Sergai Dilantik Langsung

 

SEIRAMPAH (Waspada): Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) H.Adlin Umar Yusri Tambunan akan dilantik secara langsung atau luar jaringan (Luring) , Jumat (26/2) di aula T Rizal Nurdin rumah dinas Gubsu Jl.Sudirman Medan, dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat .

Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP usai mengikuti koordinasi virtual lewat Zoom Meeting dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diwakili Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen OTDA) Kemendagri Drs. H. Akmal Malik, M.Si, bertempat di ruang rapat Plh. Bupati Sergai, Sei Rampah, Kamis (25/02/2021).menyampaikan jika koordinasi virtual hari ini beragendakan mekanisme pelaksanaan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Wali Kota terpilih yang rencananya akan dilaksanakan besok, Jumat (26/2).

“ Tadi sudah disampaikan oleh Bapak Dirjen OTDA bahwasanya kegiatan pelantikan akan dilaksanakan secara luring atau luar jaringan atau langsung, sehingga untuk itu diperlukan prosedur yang wajib dijalankan oleh setiap pihak untuk memastikan acara berjalan dengan aman dan tidak menimbulkan risiko kesehatan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih belum usai,” papar Faisal, Kamis (26/2) sore.

Untuk itu, lanjut Plh Bupati, Kemendagri mengimbau agar acara pelantikan yang berlangsung besok tidak menciptakan kerumunan, sehingga diperlukan koordinasi dengan para Kepala Daerah yang hadir untuk mengkoordinir para simpatisan supaya tidak menggelar perayaan atau seremonial berlebih yang berpotensi mengumpulkan massa dan membentuk kerumunan.

“ Kepada Forkompida, Kemendagri meminta peranan aktifnya untuk turut menginformasikan dan mensosialisasikan pentingnya menghindari ataupun menciptakan kerumunan, dimulai dari lingkungan keluarga hingga ke pendukung agar tidak melakukan perayaan berlebihan karena bagaimanapun kerumunan berpotensi menciptakan kluster baru penyebaran pandemi di daerah,” sebut Faisal.

Selain mobilisasi lanjut Plh Bupati, kerumunan dan penerapan prokes, pihak Kemendagri menginformasikan jika pelantikan Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota dilaksanakan 2 sesi yaitu di pagi dan siang hari.

“ Besok Forkopimda serta Tokoh Masyarakat Kabupaten Sergai akan menyaksikan acara pelantikan di beberapa titik secara virtual yaitu di antaranya aula Sultan Serdang dan aula BKD, sedangkan OPD dan Kecamatan menyaksikan secara virtual di tempat masing-masing,” terang Faisal Hasrimy.

Plh. Bupati juga menyampaikan jika proses dan rangkaian Pilkada di Kabupaten Sergai sampai dengan pra-pelantikan berjalan lancar, dia juga optimis dan berdoa agar penyelenggaraan acara pelantikan besok berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

“ Saya berpesan kepada kita semua untuk ikut serta menyaksikan secara virtual dari tempat masing-masing acara pelantikan besok dan semoga prosesi yang disaksikan secara virtual ini tidak mengurangi khidmat acara yang dilangsungkan,” pungkas Faisal.

Dalam rapat virtual ini hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Hj. Nina Deliana, S.Sos, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, Kabag Protokol dan Kompim Erfin Fachrurrazi, perwakilan Satpol-PP, mewakili Dandim 0204/DS serta mewakili Kapolres Sergai.(a15/B)

Keterangan Foto:

Plh Bupati Sergai H M Faisal.Hasrimy saat bersama sejumlah kepala OPD saat mengikuti rapat koordinasi virtual lewat zoom meeting dengan Kemendagri terkait mekanisme pelantikan Bupati/Walikota, Wakil Bupati/Wakil Wali Kota secara langsung dengan Prokes Covid-19 yang ketat, Kamis (25/2) sore di komplek Kantor Bupati.Sergai di Jl.Negara Sei Rampah. (Waspada/Istimewa)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2