Waspada
Waspada » Bupati Aceh Tenggara Diminta Bangun Irigasi Mata Air Dari Sungai Alas
Aceh Headlines

Bupati Aceh Tenggara Diminta Bangun Irigasi Mata Air Dari Sungai Alas

SEKDES Kuta Batu I, Suni Abdillah. Waspada/Seh Muhammad Amin
SEKDES Kuta Batu I, Suni Abdillah. Waspada/Seh Muhammad Amin

KUTACANE (Waspada): Bupati Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) Drs Raidin Pinim, MAP diminta membangun sarana saluran irigasi mata air dari aliran sungai alas yang terletak di Desa Pulo Sepang, Kecamatan Lawe Alas, Agara.

Pentingnya sarana saluran irigasi dibangun guna mengairi ribuan hektare lahan persawahan milik petani yang berada di Kemukiman Biak Mentelang, Kecamatan Lawe Alas dengan tujuan mendapatkan hasil panen padi melimpah ruah.

Namun, akibat saluran irigasi darurat yang ada saat ini membuat para petani kesulitan dan mengeluh untuk mendatangkan air dari sungai alas.

“Berdampak hasil panen padi tidak sesuai seperti yang diharapkan, meski pun demikian tepaksa di jalani apa adanya, dengan bersabar,” ujar sejumlah petani kepada Waspada saat ditanyai, Rabu (23/9).

Di hari yang bersamaan, Sekdes Desa Kuta Batu I, Kemukiman Biak Mentelang Kecamatan Lawe Alas Agara, Suni Adillah membenarkan dalam hal tersebut.

“Ya, sulitnya mendatangkan air, kami terpaksa mendatangkan alat berat hampir setiap tahun meski dengan biaya pribadi sesama petani untuk mengeruk mata air saluran yang tertimbun. Mirisnya lagi material yang dikeruk tersebut jika air sungai meluap saluran yang dimaksud kembali tertimbun masalahnya seperti ini yang kerap terjadi dilokasi,” singkatnya.

Musniati, 40, juga mengatakan, bersawah bertadahkan air hujan tidaklah mencukupi apa lagi musim kemarau tiba dipastikan tanaman padi kami sering mengalami gagal panen.

“Namun apalah daya hanya bisa menyuarakan itu pun belum tentu ditanggapi pihak yang berkompoten di daerah ini. Maka itu, kami sebagai petani sangat mengharapkan kepada Bupati Aceh Tenggara untuk membangun sarana saluran irigasi secara permanen,” tutupnya. (Cseh)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2