BNN Musnahkan Empat Ha Ladang Ganja Di Pegunungan Sawang - Waspada

BNN Musnahkan Empat Ha Ladang Ganja Di Pegunungan Sawang

  • Bagikan
BNN kembali memusnahkan ladang ganja seluas empat hektar di Dusun Cot Rawatu, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (8/10). Waspada/Zainuddin Abdullah
BNN kembali memusnahkan ladang ganja seluas empat hektar di Dusun Cot Rawatu, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (8/10). Waspada/Zainuddin Abdullah

LHOKSEUMAWE (Waspada): Belum genap satu bulan setelah memusnahkan ladang ganja di Kecamatan Sawang, kini Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali melakukan pemusnahan empat hektar ladang ganja di tempat yang sama di Dusun Cot Rawatu, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (8/10).

Bahkan lokasi ladang ganja tersebut ditemukan oleh BNN tidak jauh dari lokasi ladang ganja yang sebelumnya telah dimusnahkan. Lokasinya dengan jarak tempuh berjalan kaki selama 30 menit dari pemukiman warga setempat.

“Jumlah tanaman ganja yang kita musnahkan lebih kurang lima ribu pohon dan 20 ribu bibit, dengan ketinggian 20 sentimeter hingga 50 cm,” kata Direktur Narkotika Deputi Pemberantasan BNN RI, Brigjen Pol Aldrin Hutabarat.

Disebutkannya, lebih kurang dua pekan lalu, pihaknya melakukan penyelidikan terhadap dugaan adanya penanaman ganja di wilayah tersebut. Akhirnya tim berhasil menemukan satu lokasi. “Atas temuan itu kita lakukan pemusnahan hari ini,” ungkapnya.

Adapun pasal yang diterapkan penanaman pohon ganja ini, sambungnya, melanggar Pasal 111 Ayat (2) Undang-Undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup. “Hampir setiap tahun, kita terus melakukan pemberantasan ladang ganja di Aceh Utara. Karena dapat merusak generasi bangsa. Kita juga meminta pemilik ladang untuk menggantikan dengan tanaman lain yang bernilai ekonomis,” paparnya. (b09)

  • Bagikan