Waspada
Waspada » BKKBN Sumut Gelar Sosialisasi Program KKBPK
Headlines Sumut

BKKBN Sumut Gelar Sosialisasi Program KKBPK

SUASANA sosialisasi Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Program KKBPK yang digelar BKKBN Sumut di Desa Sungaikorang, Kecamatan Hutarajatinggi. Waspada/Ist
SUASANA sosialisasi Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Program KKBPK yang digelar BKKBN Sumut di Desa Sungaikorang, Kecamatan Hutarajatinggi. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Warga Desa Sungaikorang, Kecamatan Hutarajatinggi antusias mengikuti sosialisasi Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Program KKBPK yang digelar BKKBN Sumut bersama mitra kerja Komisi IX DPR RI, belum lama ini.

Kasubbid Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Prov Sumut Iqbal Tujah Parlindungan SSos mengatakan pemerintah telah menetapkan beberapa indikator pembangunan keluarga.

Diantaranya, penurunan angka kelahiran total (total fertility rate/TFR) dari 2,6 menjadi 2,28 anak per wanita, meningkatkan pemakaian alat/obat kontrasepsi, dan menurunkan kebutuhan ber-KB yang tidak terlayani dari 11,4 persen menjadi 9,91 persen.

Karena itu, Advokasi dan KIE yang dilakukan secara intensif, terarah dan tepat sasaran sebagai salah satu kegiatan kunci mengubah sikap, perilaku dan sistem nilai.

Informasi selalu dibutuhkan dan erat hubungannya dengan pelaksanaan program KB baik bagi masyarakat, pelaksana maupun para pengelola program.

“Melalui sarana modern materi KIE dapat dikemas dalam bentuk film, drama, iklan, PSA (Public Service Advertising) serta pertunjukan bagi masyarakat. Bahkan dengan MUPEN KB, bukan hanya berfungsi sebagai alat menyampaikan informasi dan hiburan bagi masyarakat. Tetapi dilengkapi dengan peralatan yang dapat me-relay siaran langsung dari stasiun televisi,” jelas Iqbal Tujah.

Sasaran tersebut, lanjut Iqbal, tidak mungkin tercapai jika hanya mengandalkan BKKBN.

Tetapi perlu dukungan dari dinas lain, TNI/Polri, dunia pendidikan, dunia usaha, tokoh budaya, pemuka agama, tokoh perempuan, pemerintah desa, LSM, media massa dan pihak lainnya.

Anggota DPR RI DR Saleh Partaonan Daulay MAg MHum MA sebagai mitra kerja menambahkan pengendalian penduduk melalui Program KB sangat penting dalam mencegah persoalan baru.

Seperti angka pengangguran, pernikahan dini dan kemiskinan.

Guna menyemarakkan kegiatan itu, Politisi PAN ini mengajak warga berdialog interaktif.

Bagi warga yang dapat menjawab pertanyaan seputar Program KB, mendapat hadiah menarik. (m09)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2