Besok, RI 1 Kunjungan Kerja Ke Deliserdang - Waspada

Besok, RI 1 Kunjungan Kerja Ke Deliserdang

  • Bagikan
PANGDAM 1 Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin SIP menyematkan pita kepada petugas pengamanan pada Apel gelar Pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI ke wilayah Kabupaten Deliserdang dan Kota Medan di Alun-alun Pemkab Deliserdang, Rabu (15/9) sore. Waspada/Khairul K Siregar
PANGDAM 1 Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin SIP menyematkan pita kepada petugas pengamanan pada Apel gelar Pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI ke wilayah Kabupaten Deliserdang dan Kota Medan di Alun-alun Pemkab Deliserdang, Rabu (15/9) sore. Waspada/Khairul K Siregar

LUBUKPAKAM (Waspada): Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (16/9) besok.

Hal itu terungkap pada Apel gelar Pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI ke wilayah Kabupaten Deliserdang dan Kota Medan Provinsi Sumut di Alun-alun Pemkab Deliserdang, Rabu (15/9) sore.

Apel gelar pasukan yang ditandai penyematan pita kepada perwakilan petugas pengamanan VVIP tersebut dihadiri Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Wali Kota Medan Boby Afif Nasution, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan.

Pangdam 1 Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin SIP dalam bimbingan dan arahannya mengatakan tujuan operasi pengamanan VVIP adalah untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan VVIP serta menjamin keamanan wilayah yang menjadi objek kunjungan VVIP setiap saat.

Menurut Pangdam, ancaman terhadap VVIP bukan hanya ancaman terhadap keselamatan dan keamanan pribadi VVIP namun juga ancaman yang dapat menjatuhkan martabat, kehormatan dan kedaulatan negara serta kewibawaan pemerintah. Oleh karenanya untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, satuan tugas terdiri dari TNI-Polri bersama instansi terkait perlu menyelenggarakan operasi pengamanan VVIP secara terpadu.

Dijelaskannya, sebagaimana diketahui bersama ancaman gangguan keamanan seiring dengan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itulah apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan masing-masing satuan tugas pengamanan secara keseluruhan baik personel, materil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya.

Selaku Panglima Pengamanan VVIP, ia harus dapat meyakini bahwa tiap satuan tugas sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu menangkal berbagai kerawanan yang diprediksi dapat terjadi.

Pangdam menyebut, secara tehnis personel pengamanan VVIP akan ditempatkan di setiap lokasi yang menjadi sasaran peninjauan dan sepanjang rute yang dilalui maupun rute cadangan serta rute pengganti.

Kepada personel pengamanan VVIP yang ditugaskan, Pangdam berharap agar dalam pelaksanaan pengamanan VVIP lebih ditingkatkan, koordinasi dan kerjasama yang terencana, terarah dan terkendali dengan tetap berpedoman pada prosedur pengamanan VVIP baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan optimal dan sukses.

“Saya ingatkan kembali bahwa pengamanan VVIP ini harus berhasil dan jangan dianggap sebagai rutinitas sehingga mengabaikan suatu kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” tegas Pangdam mengingatkan.

Peran Satuan Komandan Tugas serta Komandan Sub Satgas sangatlah dominan tidak saja dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal tetapi juga harus mampu dalam menghadapi dan mengelola serta menyelesaikan berbagai perkembangan situasi yang mungkin terjadi di lapangan.

Rapat Persiapan

Sebelumnya, dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Deliserdang untuk meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi terhadap 4000 pelajar di SMKN 1 Beringin. Pemkab Deliserdang melakukan rapat persiapan penyambutan Presiden RI Joko Widodo di Aula Cendana lantai II Kantor Bupati Deliserdang.

Rapat tersebut dihadiri Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, pejabat Kodam 1/BB, Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Kapolresta Deliserdang Kombes Pol Yemi Mandagi, unsur TNI, Brimob, Satpol PP dan instansi terkait lainnya. (a01/a14)

  • Bagikan