Waspada
Waspada » Berkas Soekirman-T Ryan Dikembalikan KPU Sergai
Headlines Sumut

Berkas Soekirman-T Ryan Dikembalikan KPU Sergai

PASLON Bupati Sergai H Soekirman dan Balon Wakil Bupati T Rian saat akan meninggalkan gedung KPU Sergai usai berkas mereka dikembalikan, Minggu (6/9) malam di Sei Rampah. Waspada/Edi Saputra
PASLON Bupati Sergai H Soekirman dan Balon Wakil Bupati T Rian saat akan meninggalkan gedung KPU Sergai usai berkas mereka dikembalikan, Minggu (6/9) malam di Sei Rampah. Waspada/Edi Saputra

SEIRAMPAH (Waspada): Untuk kedua kalinya berkas pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Sergai Ir H Soekirman dan T Ryan Novandi dikembalikan oleh pihak KPU Sergai, Minggu (6/9) malam sekira pukul 21:30.

Ketua KPU Sergai Erdian Wirajaya didampingi Komisioner KPU di hadapan sejumlah Wartawan mengatakan saat ini pihaknya tengah melaksanakan tahapan pendaftaran Balon Bupati dan Waki Bupati Sergai hingga, Minggu malam pukul 24:00 (00:00).

Ditambahkan Erdian, sebelumnya Balon Bupati Sergai Ir H Soekirman dan Balon Wakil Bupati T Ryan Novandi datang bersama pimpinan partai dari NasDem, PKS dan PAN dengan tujuan untuk mendaftarkan diri dalam Pilkada serentak tahun 2020.

Hasil pemeriksaan berkas milik H Soekirman dan T Ryan Novandi, lanjut Ketua KPU Sergai, belum bisa memenuhi persyaratan yaitu jumlah kursi yang diusung oleh partai politik sebanyak 9 kursi merupakan hitungan 20 persen dari 45 kursi di DPRD Sergai, sedangkan jumlah kursi dari dua parpol pengusung PKS dan Nasdem hanya 8 kursi.

“Berkaitan dengan hal tersebut selanjutnya berkas bapak Soekirman dan bapak T Ryan Novandi kami kembalikan”, tegas Erdian.

Terkait pendaftaran, untuk Sistem Informasi Politik (Sipol) menurut instruksi dari KPU RI melalui surat nomor 716 menyebutkan bahwa salinan yang sah menurut kepengurusan partai politik adalah yang diupload di halaman KPU di info Pemilu 2019 satu hari sebelum masa pendaftaran.

“Hingga malam ini pasangan bapak Ir H Soekirman dan bapak T Ryan tidak memenuhi syarat karena dukungan parpol yang diajukan hanya 8 kursi (Nasdem dan PKS) dan pihak KPU telah menyampaikan berita acara pengembalian berkas ke pada Paslon tersebut”, tukas Erdian.

Saat disinggung wartawan jika ada gugatan dari Paslon Soekirman dan T Rian ke Bawaslu, Erdian menyatakan jikapun ada gugatan itu merupakan konsekuensi tugas dan akan dihadapi bersama.

Balon Bupati Sergai H Soekirman didampingi Balon Wakil Bupati T Rian Novandi dan Pimpinan Parpol Nasdem, PKS dan PAN menyatakan berkas mereka dikembalikan oleh pihak KPU Sergai.

Soekirman juga menyayangkan bahwa dari 5 Komisioner ada satu Komisioner menerima berkas tetapi dengan syarat, terkait kepengurusan DPD PAN Sergai apakah sesuai dengan Sipol, namun pada akhir pleno KPU tetap bersikukuh mengembalikan berkas dengan alasan.tidak lengkap.

“Kami masih akan menempuh langkah-langkah lain”, ujar Soekirman.

Divisi Hukum Soekirman-T Ryan, Jonizar SH akan menggugat KPU Sergai ke Bawaslu dalam dua hari terakhir.

Diperpanjang Tiga Hari

KPU akan memperpanjang masa pendaftaran calon Pilkada 2020 jika di suatu daerah hanya ada satu bakal pasangan calon yang mendaftar hingga hari terakhir.

Adapun, hari terakhir masa pendaftaran jatuh pada Minggu, 6 September 2020 pukul 24.00.

“Aturan formalnya adalah, dilakukan penundaan (penutupan masa pendaftaran) apabila sampai hari terakhir pukul 24.00 itu hanya 1 pendaftar,” kata Kepala Biro Teknis KPU Nur Syarifah saat acara sosialisasi pencalonan Pilkada 2020 secara virtual, Rabu (2/9).

Perpanjangan masa pendaftaran akan dilakukan selama tiga hari. Selama itu pula, KPU akan melakukan sosialisasi pencalonan Pilkada untuk memberikan kesempatan kedua bagi calon pendaftar.

Ketentuan mengenai perpanjangan masa pendaftaran pencalonan diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 12 tahun 2015 tentang pencalonan Pilkada. (a15/m29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2