Berbasis Pariwisata, Kemendikbud Bangun SMK Negeri 3 Balige - Waspada

Berbasis Pariwisata, Kemendikbud Bangun SMK Negeri 3 Balige

  • Bagikan
PERESMIAN pembangunan sekaligus peletakan batu pertama SMK Negeri 3 Balige di Lumban Pea Tambunan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Jumat (28/8). Waspada/Ramsiana Gultom
PERESMIAN pembangunan sekaligus peletakan batu pertama SMK Negeri 3 Balige di Lumban Pea Tambunan, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Jumat (28/8). Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada): SMK berbasis pariwisata untuk pertama kalinya dibangun Kemendikbud di Kabupaten Toba.

Pembangunan SMK Negeri 3 Balige yang berlokasi di lahan pemerintah di Dusun Lumban Pea, Desa Tambunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Tokoh Masyarakat, Sabtu (28/8) sekira pukul 11:30 Wib.

Hadir dalam acara ini, Asisten Deputi Pengembangan Wisata Berkelanjutan Cosmas Harefa, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Sartin, Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo, Kepala Inspektorat Sumut merangkap Kadis Pendidikan Sumut Lasro Marbun, Kepala UPT Pendidikan Provinsi Sumut Wilayah Toba Alfred Silalahi, Kajari Toba Samosir Robinson Sitorus, tokoh masyarakat Op Soniduga Tambunan.

Pendirian SMK Negeri 3 Balige merupakan bantuan fasilitas Unit Sekolah Baru (USB) Khusus, Direktorat SMK Kemendikbud RI Tahun 2020 anggarannya bersumber dari APBN tahun 2020.

Sebelum peletakan batu pertama dimulai, dilakukan virtual zoom dengan Dirjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Wagubsu Musa Rajekshah.

Sakarinto secara virtual berharap agar pembangunan SMK Negeri 3 Balige ini menjadi Tiger Lompatan inovasi pariwisata di Toba dan membuka peluang di industri dunia kerja.

“Kalau sudah berdiri, akan ada banyak program vokasi yang akan kita lakukan di sana,” ujar Sakarinto.

Selain membangun SMK, disampingnya juga akan dibangun Puskesmas berskala internasional, gedung BPOM dan Rest Area.

Untuk tahap pertama Kemendikbud telah mengalokasikan anggaran 6 M lebih.

Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan fisik saja.

Luhut Binsar Panjaitan lewat virtual zoom menyampaikan bahwa pendirian SMK Negeri 3 Balige ini sebagai persiapan tenaga kerja profesional di bidang pariwisata.

Menteri yang akrab dipanggil LBP ini meminta agar lahan pendirian SMK yang sebelumnya disiapkan 2 Ha agar ditambah menjadi 5 Ha.

Dia juga dengan tegas mengatakan agar tenaga pengajar harus disiapkan yang terbaik, bangunan fisik berkualitas baik dan dimanajemeni dengan baik termasuk kurikukum belajar mengajar.

“Sekolahnya dibangun harus berkualitas. Saya titip kepada Dinas Pendidikan Provinsi, pekerjaan bangunan fisik harus diberikan dan dikerjakan kontraktor yang berkualitas dengan design yang bagus. Sekalian asramanya harus disiapkan,” ujar Luhut sembari meresmikan pembangunan SMK Negeri 3 Balige.

Mewakili Tokoh Masyarakat, Nikson Tambunan, mengaku senang dengan adanya pembangunan ini.

Selaku masyarakat Tambunan, pihaknya meminta agar masyarakat sekitar turut menikmati pembangunan beberapa fasilitas bertaraf internasional yang akan dibangun di lokasi seluas 17 Ha.

“Tanah ini merupakan hibah dari masyarakat Tambunan, untuk itu kami dengan tegas meminta kesediaan pemerintah untuk memenuhi 3 permintaan warga Lumban Pea sekitarnya,” ujar Nikson.

Adapun permintaan warga yang diajukan di depan seluruh pemangku kepentingan yaitu paret keliling yang sebelumnya bermuara ke Danau Toba agar diperbaiki sehingga tidak mengakibatkan banjir, dari pinggir paret disisakan dan segera dibangun jalan sepanjang 6 meter mulai dari Lumban Tonga Tonga sampai ke Balai Benih Ikan (BBI) sebagai akses masyarakat sekitar, bagi warga Desa Lumban Pea Induk dan Lumban Pea Timur agar dibangun 1 unit balai pertemuan lengkap dengan fasilitasnya.

Bupati Toba Darwin Siagian, berjanji akan memenuhi seluruh permintaan warga.

Terkait perbaikan paret dan pembukaan jalan, Bupati berjanji akan segera dikerjakan dalam waktu dekat. (a36)

  • Bagikan